Daftar Menu Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Pergerakan bayi pada usia 9 bulan sudah sangat aktif. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk merangkak dan berusaha mengambil segala sesuatu yang dilihatnya. Seiring dengan pergerakan bayi yang semakin aktif maka kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya semakin bertambah. Tekstur makanan untuk bayi usia 9 bulan harus lebih kental. Hal ini untuk memberikan stimulasi pertumbuhan gigi pada bayi.

Menu Untuk Bayi 9 Bulan

Anda harus memperhatikan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Sumber makanan yang diberikan untuk bayi harus senantiasa mengandung zat gizi yang seimbang untuk menunjang pertumbuhan bayi. Menu makanan yang disajikan harus bervariasi dan bernutrisi sehingga nafsu makan bayi tidak akan terganggu. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai menu makanan untuk bayi 9 bulan.

Makanan Sehat dan Nutrisi Tepat Untuk Bayi 9 Bulan

Bayi 9 bulan tidak membutuhkan banyak karbohidrat karena kebutuhan tersebut bisa tercukupi dari ASI. Bayi lebih membutuhkan tambahan nutrisi yang lainnya yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Untuk menyajikan sayuran bagi bayi usia 9 bulan bisa dicampurkan dengan nasi tim. Membuat nasi tim dengan camouran sayuran bukan perkara yang sulit dan semua ibu pasti bisa melakukannya.

  • Nasi tim untuk bayi

Nasi tim bisa menjadi salah satu pilihan untuk makanan bayi usia 9 bulan. Teksturnya yang lembut dan sedikit lengket akan memudahkan bayi dalam menelan makanan tersebut. Selain itu, nasi tim sangat baik untuk pencernaan bayi 9 bulan. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi pada usia tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa jenis sayuran kedalam nasi tim tersebut.

Adapun bahan-bahan untuk membuat nasi tim yaitu 20 sdm beras merah, 500 ml air kaldu, 20 gram brokoli, 20 gram wortel, 20 gram hati ayam dan keju. Cara membuatnya yaitu dengan merebus beras dan hati ayam menggunakan air kaldu sampai matang dan mengental. Setelah itu masukan brokoli dan wortel yang sudah dihaluskan kemudian aduk rata hingga matang. Anda bisa memberi taburan keju pada nasi tim tersebut untuk menambah citarasa dan nutrisi. Nasi tim bisa menjadi alternatif untuk makanan bayi 9 bulan.

  • Cemilan sehat untuk bayi

Bayi usia 9 bulan tidak hanya bisa diberikan makanan utama seperti nasi tim. Pada usia tersebut bayi sudah memiliki kemampuan untuk menggenggam makanan. Oleh karena itu Anda bisa memberikan makanan padat yang bisa digenggam oleh bayi atau yang biasa dikenal dengan istilah finger food. Anda bisa membuat cemilan sehat untuk bayi dengan menggunakan bahan dasar buah-buahan dan biskuit.

Bahan-bahan yang bisa dibutuhkan untuk membuat cemilan tersebut yaitu 2 sdm susu formula, beberapa buah biskuit bayi, 50 gram buah apel yang dihaluskan dan 150 ml air hangat. Cara membuatnya sangat mudah yaitu susu formula dan air hangat dilarutkan sampai benar-benar tercampur. Setelah itu siram biskuit dengan larutan susu sampai lunak serta bercampur dan tambahkan buah apel yang telah dihaluskan. Aduk sampai benar-benar tercampur kemudian sajikan langsung untuk bayi. Cemilan biskuit dengan campuran apel ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk bayi 9 bulan.

Related Posts

Share This