Daftar Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Manfaat daun serai mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa serai hanya sekedar rempah penyedap untuk masakan. Namun jika ,ditelusuri lebih mendalam, serai mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

Serai memiliki aroma khas yang sangat mengundang selera jika ditambahkan kedalam makanan. Tanaman serai popular di Vietnam, Thailand, kamboja, Malaysia dan Indonesia. Bahkan beberapa negara di afrika mulai membudidayakan serai yang digunakan untuk keperluan obat dan rempah kuliner. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui manfaat serai untuk kesehatan, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai hal tersebut.

Berikut Daftar Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

  • Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Serai merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung senyawa untuk membantu membersihkan organ tubuh bagian dalam dari racun. Salah satunya yaitu untuk detoksifikasi pankreas. Dengan begitu maka akan berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah untuk menghindarkan Anda dari penyakit diabetes.

  • Anti Kanker

Menurut hasil riset menunjukan bahwa serai mengandung citral yang merupakan zat antikanker untuk menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan serai secara teratur.

  • Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada serai sangat berguna dalam membantu pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam menghindari resiko terkena penyakit anemia akibat kekurangan sel darah merah.

  • Menurunkan Berat Badan

Serai ternyata bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi serai maka akan membantu mencairkan lemak dengan proses detoksifikasi. Efek sampingnya yaitu melancarkan buang air besar sehingga berpengaruh positif terhadap penurunan berat badan.

  • Memelihara Fungsi Saraf

Asam folat, posfor dan magnesium berguna untuk proses perkembangan serta meningkatkan kinerja sistem saraf. Hal ini akan berdampak terhadap kemampuan otak dalam memproses sebuah informasi dan meningkatkan konsentrasi.

  • Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yangs erring mengalami gangguan tidur, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan serai. Efek menenangkan dari serai akan membantu Anda dalam mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam.

  • Tekanan Darah Tinggi

Potassium pada serai berguna untuk mengatur dan menurunkan tekanan darah. Konsumsilah secara rutin dan teratur.

  • Anti Imflamasi

Sifat anti imflamasi yang dimiliki oleh serai bermanfaat dalam mengatasi asam urat dan penyakit radang saluran kemih. Bahkan bisa mencegah resiko penyakit arthritis.

Penggunaan darun serai biasanya ditambahkan ke dalam masakan sehingga aromanya menjadi lebih sedap. Selain itu, serai bisa Anda konsumsi berupa air rebusan yang dicampur dengan rempah lainnya seperti jahe dan air jeruk lemon. Teh serai tentunya akan membuat tubuh terasa hangat pada musim hujan seperti saaat ini. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This