Daftar Makanan Yang Sehat Tetapi Berbahaya Bagi Tubuh

Makanan yang sehat sejatinya bermanfaat bagi tubuh. Makanan sehat identik dengan makanan yang bergizi. Pada dasarnya makanan sehat memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan sehat maka akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun tanpa disadari ternyata makanan sehat juga bisa menjadi silent killer. Mengapa bisa demikian? Hal ini bisa disebabkan oleh faktor makanan tersebut ataupun cara pengolahan makanan yang tidak tepat. Pada dasarnya setiap jenis makanan mengandung zat berbahaya yang akan bereaksi jika dikonsumsi secara berlebihan ataupun proses pengolahan yang tidak tepat.

Kita ambil saja contohnya makanan sehat yang membahayakan kesehatan tubuh dan bersifat racun yaitu salah satunya bayam. Secara mum kita mengenal bayam sebagai makanan sehat untuk tubuh, namun jika proses pengolahan tidak tepat dan mengkonsumsinya setelah dingin atau bahkan dihangatkan kembali, maka makanan tersebut berpotensi menjadi racun karena terjadi reaksi kimia akibat perubahan suhu.

Berikut Ini Makanan Sehat Yang Bisa Mematikan

Seledri

Nah, salah satu jenis makanan sehat iyang ternyata bisa berpotensi racun yaitu seledri. Bagi Anda yang gemar menyantap sup sebaiknya jangan sesekali memasukan seledri kedalam sup yang masih dimasak. Hal ini karena seledri akan melepaskan nitrit sehingga bersifat toksik bagi tubuh.

Minyak Zaitun

Kita mengenal minyak zaitun sebagai salah satu minyak yang sehat bagi tubuh jika dibandingakn dengan minyak goreng. Namun jangan sesekali menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng steak, telur ataupun makanan lainnya karena akan membuat makanan sehat menjadi racun. Hal ini karena minyak zaitun yang dipanaskan akan bereaksi menjadi zat racun atau karsinogenik.

Jamur

Sama halnya dengan seledri, jangan sesekali memanaskan jamur dalam waktu yang terlalu lama karena akan bereaksi menjadi racun bagi tubuh. Jangan pernah menghangatkan kembali tumis jamur yang telah dingin. Biasakan memasak jamur untuk sekali habis.

Kentang

Makanan kaya karbohidrat ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat harian. Akan tetapi sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih kentang. Hindari kentang hijau karena mengandung racun yang dikenal dengan solanin sehingga bisa memicu muntah-muntah. Pada kondisi yang parah bisa menyebabkan serangan jantung.

Almond

Selektif dalam memilih almond sangat penting, mengingat tidak semua almond baik untuk tubuh. Almond liar bisa menjadi racun bagi tubuh dan membahayakan kesehatan Anda.

Apel

Apabila mengkonsumsi apel sebaiknya jangan dikonsumsi beserta bijinya. Hal ini karena biji apel mengandung amygdalin yang bisa menyatu dengan enzim pada pencernaan sehingga menghasilkan hydrogen sianida. Senyawa tersebut sangat beracun dan bisa membunuh orang dewasa jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Margarin

Margarin mengandung beberapa senyawa yang tidak sehat seperti heksana. Senyawa tersebut bisa bersifat toksik bagi tubuh. Maka dari berhati-hatilah ketika mengkonsumsi margarine.

Related Posts

Share This