Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan kebutuhan asam folat akan meningkat bagi wanita ketika hamil dan menyusui. Manfaatnya yaitu untuk mencegah cacat lahir pada janin. Dalam hal ini asam folat berperan penting untuk membantu pembentukan dan memelihara sistem saraf.

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin sejenis vitamin B yang bisa larut dalam air. Adapun manfaat asam folat yaitu untuk membantu proses metabolisme serta perkembangan sel-sel tubuh. Namun perlu Anda ketahui bahwa asam folat mudah rusak jika terkena suhu terlalu tinggi/panas. Maka dari itu ketika Anda mengolah makanan yang mengandung asam folat sebaiknya harus lebih hati-hati dan tidak menggunakan suhu terlalu tinggi.

Asam folat sangat mudah ditemui di dalam sumber makanan alami seperti buah-buahan, sayuran dan jenis kacang-kacangan. Berikut ini daftar makanan yang mengandung asam folat yang berguna untuk kesehatan tubuh!

  1. Buah-buahan

Salah satu sumber makanan yang mengandung asam folat yaitu dari kelompok buah-buahan. Nah, jenis buah yang mengandung asam folat diantaranya yaitu pisang, alpukat, mangga, jeruk dan melon. Kandungan asam folat dan vitamin C pada buah-buahan sangat efektif dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Bagi Anda yang sedang hamil, perbanyaklah konsumsi pisang, alpukat dan jeruk karena mengandung asam folat sangat tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Asam folat yang lebih dikenal dengan vitamnin B9 ternyata banyak ditemukan pada kelompok kacang-kacangan. Jenisa kacanga yang mengandung asam folat yaitu kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan lain sebagainya. Selain folat, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan protein.

  1. Sayuran

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Hal ini terutama jenis sayuran dengan warna hijau gelap. Contoh sayuran yang mengandung asam folat yaitu selada, asaparagus, brokoli, bayam, sawi dan kubis. Bagi ibu hamil pilihlah brokoli, bayam, dan asparagus karena mengandung nutrisi yang cocok untuk janin.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari yang sering ditambahkan ke dalam sereal bisa menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi. Selain itu biji bunga matahari memiliki kandungan mineral penting cukup tinggi dan beragam. Dalam satu ons biji bunga matahari bersih mengandung asam folat sekitar 82 mcg.

  1. Hati

Hati sapi atau hati ayam memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Namun seringkali jenis makanan yang satu ini dihindari oleh kebanyakan orang yang sedang menerapkan program diet sebab memiliki kandungan koleterol  serta lemak cukup tinggi. Selain itu, bagi ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi hati karena dikhawatirkan mengandung racun yang berbahaya bagi janin. untuk lebih aman sebaiknya mengolah hati dengan cara yang benar.

Related Posts

Share This