Daftar Makanan Yang Bergizi Untuk Meningkatkan Kesehatan

Setiap orang tentunya mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Pada zaman modern seperti saat ini, untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dinilai sebagai sesuatu yang langka. Mengapa demikian? Penyebabnya tidak lain yaitu karena kondisi lingkungan yang semakin tercemar oleh polusi ataupun radiasi yang bisa memicu timbulnya infeksi penyakit. Nah, bagaimana untuk menyiasati hal tersebut? Salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan memang penting untuk digalakan sejak dini. Dimulai dari langkah kecil dengan rutin berolahraga dan menghindari jenis makanan yang terbilang tidak sehat. Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang bergizi terutama buah dan sayur yang tinggi antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan

  1. Buah Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang tinggi akan kandungan asam folat dan vitamin B6 yang berguna untuk mengatur kesehatan jantung. Selain itu, kadar sitosterol yang terkandung pada buah alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat kyang membahayakan tubuh. Bahkan asam folat yang terdapat pada buah alpukat memiliki peran sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kanker.

  1. Dark Chocolate

Cokelat tergolong salah satu jenis makanan yang banyak digemari karena rasanya enak dan lezat. Seringkali cokelat disebut sebagai makanan yang memicu kenaikan berat badan berlebih. Namun tahukah Anda jika cokelat di konsumsi secara bijak dan tidak berlebihan akan membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Dark chocolate yang Anda konsumsi bisa membangkitkan mood baik. Bahkan cokelat jenis ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler, menurunkan tekanan darah dan bertindak sebagai anti depresan.

  1. Selada

Jenis sayuran yang satu ini mengandung beta karoten dan vitamin C yang berguna untuk menekan resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, selada juga mengandung garam mineral berupa unsure alkali untuk menjaga kesehatan darah supaya tetap bersih.

  1. Blackberry

Buah dari kelompok berry memang terkenal sebagai jenis buah yang tinggi akan kandungan antioksidan. Salah satunya yaitu blackberry kaya akan kandungan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit anemia.

  1. Jamur

Selain rasanya yang enak, ternyata jamur juga kaya akan kandungan gizi. Jamur mengandung imonomodulator yaitu beta-glucan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jamur juga mengandung vitamin D dan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan jamur juga mengandung anti imflamasi yang bisa mencegah penyakit stroke dan asma.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur dan imbangi dengan aktivitas olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This