Daftar Makanan Wajib Untuk Perkembangan Janin 15 Minggu

Hai Bunda, bagaimana perkembangan janin di usia 15 minggu? Apa yang Bunda rasakan sekarang? Pada tahap ini sudah pasti perkembangan janin sudah sangat pesat dan menunjukan tanda-tanda yang semakin jelas. Pada minggu ke-15 sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan protein.

Perkembangan janin 15 minggu tentunya mulai terjadi pembentukan jaringan otot dan tulang sehingga protein serta kalsium menjadi nutrisi wajib yang harus dipenuhi. Selain itu juga Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi.

Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat menjadi salah satu nutrisi yang sangat wajib untuk ibu hamil mengingat peranannya sangat signifikan. Sumber asam folat bisa diperoleh dengan mudah dari jenis makanan seperti sayur dan buah.

Pada usia janin 15 minggu ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Fungsinya yaitu untuk membantu memperlancar sirkulasi darah atau oksigen dari sang Bunda menuju ke janin.

Pemilihan jenis makanan memang menjadi salah satu hal penting pada waktu hamil. Pasalnya makanan menjadi komponen yang memberi pengaruh terhadap tumbuh kembang janin. Apa yang Bunda makan maka akan menentukan kesehatan janin selama didalam kandungan.

Kekurangan nutrisi pada waktu hamil sangat berisiko fatal terhadap kesehatan dan bisa menghambat perkembangan janin. Pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan janin cacat hingga kematian.

Mengingat pentingnya makanan yang bernutrisi selama hamil maka sebaiknya Bunda lebih cerdas dan selektif untuk memilih memilah makanan. Perhatikan kandungan gizi, higienitas dan varietas makanan. Semakin bervariasi makanan yang Bunda konsumsi maka semakin bagus karena nutrisi yang diperoleh beragam.

Perbanyak jenis makanan seperti sayur dan buah. Penuhi juga kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih serta sempatkan waktu untuk sekedar berolahraga ringan setiap harinya dalam upaya untuk menjaga kebugaran tubuh.

Nah, Mengingat Pentingnya Pemilihan Jenis Makanan Bergizi, Berikut Makanan Yang Disarankan Untuk Perkembangan Janin 15 Minggu

Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan nutrisi. Jenis ikan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna menunjang perkembangan janin 15 minggu. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon sangat berguna untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Ikan salmon terkenal sebagai sumber omega-3 terbesar dibandingkan jenis makanan lainnya. Selain omega-3, salmon juga kaya akan kandungan vitamin B dan protein yang dibutuhkan selama mejalani kehamilan.

Kacang-kacangan

Jenis makanan selanjutnya yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu jenis kacang-kacangan. Camilan ini menyediakan kandungan serat dan protein nabati serta suymber nutrisi penting lainnya seperti asam folat, zat besi, zinc, kalsium.

Telur

Selain mengandung protein, telur juga kaya akan kandungan asam amino yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Telur juga kaya akan nutrisi penting yaitu mineral dan vitamin. Di sisi lain kandungan nutrisi telur yaitu kolin untuk menunjang perkembangan otak bayi.

Yoghurt Rendah Lemak

Konsumsilah yoghurt rendah lemak untuk melengkapi kebutuhan kalsium pada usia kehamilan 15 minggu.

Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, cranberi, blueberi, raspberi ataupun bleckberi kaya akan kandungan nutrisi dan emnyimpan segudang manfaat untuk kehamilan. Jenis nutrisinya seperti folat, potassium, vitamin C, serat dan sumber antioksidan paling tinggi sehingga bisa menghindarkan janin dari kecacatan dan gangguan kesehatan lainnya.

Demikian jenis makanan yang dianjurkan untuk janin 15 minggu yang harus Bunda ketahui. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517