Daftar Makanan Wajib Pada Kehamilan 14 Minggu

Pada kehamilan 14 minggu asupan makanan yang bergizi harus ditingkatkan lagi. Hal ini terkait perkembangan janin yang semakin pesat. Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan meningkat dari sebelumnya karena harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan janin.

Disarankan pada usia kehamilan 14 minggu untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalsium serta protein. Hal ini karena pada usia kehamilan tersebut perkembangan janin mulai membentuk jaringan otot dan tulang.

Protein dan kalsium merupakan dua zat penting untuk mendukung pembentukan otot serta tulang janin. Disamping itu, perbanyak juga konsumsi makanan yang emngandung asam folat untuk menghindarkan janin dari kecacatan. Perbanyak juga asupan makanan yang mengandung zat besi untuk menunjang pembentukan hemoglobin sehingga memperlancar sirkulasi darah yang membawa nutrisi serat oksigen ke seluruh tubuh dan juga janin.

Semua nutrisi yang diperlukan pada usia 14 minggu kehamilan bisa Anda peroleh dari sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini jenis makanan wajib untuk kehamilan 14 minggu.

  1. Ikan Salmon

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil pada usia kehamilan 14 minggu yaitu ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi berupa asam lemak omega-3 yang berguna untuk mendukung pembentukan otak janin, membentuk sistem imun dan mencegah cacat pada bayi.

Ikan salmon juga menyediakan kandungan vitamin B dan protein untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dan janin. Sertakan ikan salmon dalam menu harian Anda.

  1. Biji-bijian

Bahan makanan selanjutnya yaitu dari kelompok biji-bijian. Makanan yang satu ini kaya akan akndungan zat besi dan folat. Salah satu contohnya bisa mengkonsumsi oatmeal atau roti gandum. Manfaat asam folat yaitu untuk mencegah cacat pada janin.

Produk olahan dari biji-bijian bisa Anda konsumsi pada waktu sarapan di pagi hari. Bahkan Anda bisa mengganti beras putih dengan beras merah karena kandungan nutrisinya lebih baik dan rendah kalori sehingga mencegah kenaikan berat badan pada ibu hamil.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan serat dan protein nabati pada kacang-kacangan sangat tinggi yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk tumbuh kembang janin. Disamping itu, kacang-kacangan juga kaya akan kalsium, zinc, folat dan zat besi.

  1. Yoghurt Rendah Lemak

Produk olahan susu yang satu ini dianjurkan bagi ibu hamil 14 minggu. Kandungan protein dan bebas gula tambahan menjadikan yoghurt baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain menjaga kesehatan tulang, yoghurt juga brmanfaat untuk pembentukan tulang janin.

  1. Telur

Makanan sehat selanjutnya yaitu telur. Makanan yang satu ini mengandung protein dan asam amino yang berguna untuk kesehatan tubuh dan juga mendukung tumbuh kembang janin. Disamping itu, telur juga kaya akan kandungan kolin dan mineral yang berguna untuk perkembangan otak bayi.

  1. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, raspberry, blueberry mengandung vitamin C, serat, potassium dan juga folat. Bahkan kelompok buah ini dikategorikan sebagai buah yang tinggi akan kandungan antioksidan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Nah, itulah jenis-jenis makanan yang dianjurkan untuk usia 14 minggu kehamilan. Semua kebutuhan nutrisi hendaknya dipenuhi supaya perkembangan janin tidak mengalami gangguan. Hal yang perlu diingat dalam pemilihan jenis makanan harus memperhatikan tingkat higienitas dan cara pengolahan yang benar untuk menghindari mikroorganisme berbahaya.

Related Posts

Share This