Daftar Makanan Untuk Mencegah Anemia Pada Anak

Anemia pada anak mungkin jarang terjadi, akan tetapi bukan berarti tidak bisa menjangkit anak-anak. Justru anemia adalah salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa menghambat tumbuh kembang anak.

Anemia pada anak bisa terjadi akibat kekurangan asupan makanan yang bergizi. Anak-anak yang kekurangan nutrisi akan cenderung terlihat elmas dan kurang bersemangat. Bahkan anak-anak yang kekurangn nutrisi tidak bisa berkonsentrasi ketika belajar.

Mengingat salah satu penyebab anemia adalah kekurangan nutrisi, maka dalam hal ini salah satu cara untuk mencegah anemia pada anak yaitu dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Lengkapi semua kebutuhan gizi harian anak dengan memberikan makanan yang sehat dan berkualitas.

Salah satu sumber nutrisi yang penting bagi anak dalam upaya mencegah penyakit anemia yaitu zat besi. Asupan makanan yang mengandung zat besi sangat penting bagi anak dalam upaya mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Inilah Daftar Makanan Untuk Mencegah Anemia Pada Anak

Susu

Nah, salah satu untuk mencegah anemia defisiensi besi pada anak yaitu dengan memberikan susu dalam menu harian. Susu mengandung vitamin, lemak dan protein. Disamping itu, susu juga mengandung potassium dan vitamin B kompleks serta kalsium. Nah, semua jenis nutrisi tersebut berguna dalam membantu produksi sel darah merah sehingga mencegah penyakit anemia.

Sereal

Makanan bergisi selanjutnya yang berguna untuk mencegah anemia yaitu sereal. Makanan yang terbuat dari gandum ini menyediakan banyak nutrisi untuk kesehatan anak. Maka dari itu, berikan sereal sebagai menu makanan sehat untuk anak.

Roti Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi dengan kadar yang cukup tinggi. Berikan roti gandum untuk menu sarapan atau cemilan sehat anak. Kandungan karbohidrat komplek pada roti gandum akan membuat anak memiliki energi dan semangat yang luar biasa dalam beraktivitas.

Hati

Kandungan vitamin B pada hati bermanfaat dalam menambah darah sehingga mencegah timbulnya penyakit anemia pada anak. Hati bisa Anda sajikan untuk si kecil dalam menu makan siang atau sore. Berikan makana  tersebut secara teratur dalam menu harian anak.

Kacang-kacangan

Kacang bisa menjadi alternatif camilan sehat untuk si kecil untuk menunjang tumbuh kembangnya. Makanan yang satu ini kaya akan akndungan nutrisi yang dibutuhkan dalam tahap tumbuh kembang anak. Bahkan kandungan protein dan zat besi pada kacang berguna untuk mencegah penyakit anemia pada anak.

Demikian beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk mencegah timbulnya penyakit anemia pada anak. Selalu perhatikan asupan makanan yang bergizi guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan mencegah penyakit yang mungkin menghambat proses tersebut. Makan sehat adalah salah satu kunci kesehatan dalam tahap perkembangan anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517