Daftar Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga. Seperti yang kita ketahui bahwa organ vital yang satu ini berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika fungsinya terganggu maka sangat beresiko terhadap kesehatan dan berdampak buruk terhadap kinerja organ yang lainnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, diantaranya yaitu dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga ataupun mengkonsumsi makanan bergizi. Disamping itu, Anda juga harus menghindari aktivitas atau kebiasaan yang bisa memicu kinerja jantung terganggu seperti merokok, stres ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol.

Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Sebab jenis makanan tersebut bisa menghambat atau menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Sirkulasi darah yang terhambat bisa menyebabkan kinerja jantung lebih keras sehingga pada akhirnya terjadi kerusakan yang berakibat fatal.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan jantung, ada beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang bisa Anda tambahkan dalam menu makanan sehari-hari. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini ulasan lebih lengkapnya!

Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond sekitar ¼ cangkir setiap hari sangat bermanfaat untuk jantung sehat. Kandungan nutrisi kacang almond diantaranya yaitu vitamin B2, magnesium, vitamin E dan zinc.

Ikan Laut

Jenis ikan laut seperti salmon bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena salmon mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang berperan penting bagi jantung. Omega-3 ini berguna juga dalam menormalkan tekanan darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung ataupun stroke.

Kacang Merah

Secara umum kacang-kacangan mengandung vitamin B, kalsium, zat besi dan protein nabati. Dengan mengkonsumsi kacang merah secara teratur maka bermanfaat dalam melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

Asparagus

Tahukah Anda bahwa asparagus sangat baik untuk jantung? Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin D dan asam folat. Jika dikonsumsi secara rutin maka akan memberikan efek positif bagi jantung Anda.

Brokoli

Sayuran brokoli masuk dalam kategori sayuran terbaik dunia. Kandungan vitamin B, asam folat pada brokoli bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan stres. Dengan begitu, maka kandungan nutrisi pada brokoli berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi sayuran yang satu ini demi mendapatkan jantung yang sehat.

Blueberry

Buah berry termasuk salah satu jenis buah terbaik yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Vitamin C dan zat antioksidan pada buah berry seperti blueberry sangat tinggi. Manfaatnya tentu untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga sirkulasi darah supaya tetap lancar.

Itulah tips kesehatan jantung dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, Anda juga harus melakukan olahraga secara rutin. Minimal dalam seminggu Anda berolahraga sebanyak 2 – 3 kali.

Related Posts

Share This