Daftar Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak hanya menyerang orang yang berusia lanjut, akan tetapi hipertensi juga bisa terjadi di usia muda. Hipertensi bisa disebabkan oleh faktor usia, faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini sangat beresiko memicu penyakit yang lain apabila tidak segera ditangani. Hipertensi bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Hipertensi bisa terjadi pada usia muda akibat dari faktor gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi pikiran yang tertekan (stres). Tekanan darah tinggi berawal dari aliran darah pada arteri tidak berjalan secara normal. Untuk mencegah penyakit hipertensi, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena berkhasiat untuk menormalkan tekanan darah.

Makanan sehat penderita hipertensi

Inilah Daftar Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

Buah pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung kalium. Kandungan nutrisi tersebut berguna untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Mengkonsumsi pisang secara teratur akan menstabilkan tekanan darah sehingga meminimalisir penyakit stroke dan serangan jantung.

Buah aprikot

Kandungan zat besi yang sangat tinggi dan kandungan kadar garam yang rendah pada buah aprikot sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi untuk menjaga tekanan darah. Supaya khasiatnya lebih bagus sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Gandum

Gandum adalah salah satu sumber makanan sehat dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, gandum juga mengandung vitamin B, protein dan selenium yang berguna untuk menjaga dan menstabilkan tekanan darah.

Sayuran brokoli

Nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti beta karoten dan vitamin C bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Kandungan  vitamin C pada brokoli berperan penting dalam menangkal virus penyebab penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kentang

Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang dalam mencukupi kebutuhan karbohidrat. Kentang mengandung kalium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah sehingga mencegah resiko hipertensi. Selain itu kentang mengandung potassium dan magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Bayam

Bayam memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bayam harus dikonsumsi secara teratur dan tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan asam urat.

Bawang putih

Rempah yang satu ini berguna untuk meminimalisir penyakit hipertensi karena memiliki kemampuan dalam menstabilkan tekanan darah dan sebagai pengencer darah. Bawang putih bisa di campurkan kedalam masakan supaya lebih enak untuik dikonsumsi.

Kacang kedelai

Kandungan nutrisi seperti kalium dan magnesium pada kedelai berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah resiko penyakit jantung serta stroke. Kacang kedelai bisa dikonsumsi langsung atau diolah seperti susu kedelai dan tempe.

Biji bunga matahari

Kuaci atau biji bunga matahari adalah salah satu makanan ringan yang biasa di makan sebagai cemilan ketika santai. Biji bunga matahari mengandung magnesium yang berguna untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah sehingga menjadi alternatif makanan hipertensi yang baik untuk dikonsumsi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517