Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Pada usia hamil 7 bulan, perkembangan bayi didalam kandungan sudah semakin pesat dan semua organ tubuh sudah terbentuk. Dalam hal ini ibu hamil harus ekstra hati-hati untuk menjaga kehamilan supay tidak terjadi kelahiran secara prematur.

Fase hamil 7 bulan terjadi penyempurnaan organ tubuh janin untuk bisa berfungsi dengan baik. Paru-paru bayi pada usia ini sidap bekerja sesuai fungsinya. Bahkan janin sudah memiliki kemampuan untuk merespon setiap rangsangan cahaya ataupun suara. Nah, dalam tahapan ini sebaiknya Anda memberikan stimulus berupa sajian musik klasik sebagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otaknya.

Rambut bayi pada usia 7 bulan sudah tumbuh dengan baik, begitu juga dengan bulu mata dan alis. Selain itu, lemak sudah mulai tersimpan dan mengisi tubuh bayi. Bahkan kini janin sudah mulai mendesak dan menimbulkan keluhan seperti nyeri pinggang, sakit keala, kram kaki dan sering buang air kecil.

Dalam upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mengatasi keluhan selama hamil 7 bulan, sebaiknya Anda tetap memperhatikan asupan nutrisi. Konsumsilah makanan ibu hamil 7 bulan dengan kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan janin.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan bergizi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang janin. Terlebih lagi pada usia kehamilan 7 bulan yang merupakan proses penyempurnaan pada janin. Fase ini mendekati persalinan sehingga asupan nutrisi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Berikut Ini Makanan Sehat Ibu Hamil 7 Bulan

Makanan Yang Mengandung Omega-3 dan Kalsium

Makanan sehat ibu hamil 7 bulan yang pertama dan sangat dianjurkan yaitu jenis makanan yang mengandung omega-3 dan kalsium. Jenis makanan tersebut sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di usia 7 bulan.

Seperti yang kita ketahui bahwa omega-3 merupakan salah satu jenis nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak janin. Selain itu, kalsium berguna dalam membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Adapun jenis makanan yang mengandung omega-3 yaitu ikan salmon, makarel dan tuna. Sedangkan kalsium bisa diperoleh dengan mengkonsumsi susu, produk olahan susu seperti keju, yoghurt dan lain sebagainya. Bahkan kalsium juga bisa ditemukan dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B

Pada kehamilan tahap akhir ini asupan vitamin B sangat penting untuk membantu proses kimia dan enzim. Salah satunya yaitu vitamin B6 yag berperan dalam proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan lancar maka asupan nutrisi yang dibutuhan janin akan terserap dengan baik. Vitamin B bisa diperoleh dari makanan seperti daging sapi, ayam dan ikan.

Makanan Yang Mengandung Yodium

Manfaat dari yodium yaitu untuk membantu pembentukan sel baru. Kandungan senyawa tiroksin akan membantu mengurasi resiko kerdil pada tubuh bayi. Selain itu, yodium juga berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Yodium bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan laut ataupun garam dapur beryodium.

Makanan Yang Mengandung Vitamin K

Jenis vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan juga janin. Peran penting vitamin K yaitu untuk proses pembekuan darah. Vitamin K bisa ditemukan pada sumber makanan seperti bayam dan brokoli. Pastikan kebutuhan nutrisi ini Anda penuhi guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mempersiapkan persalinan.

Demikian jenis makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan. Selain itu, perhatikan pula asupan cairan guna mencegah dehidrasi dan kelihan seputar hamil 7 bulan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This