Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Ibu hamil 6 bulan. Memasuki usia kehamilan 6 bulan, perubahan fisik pada ibu hamil makin terlihat jelas karena ukuran perut semakin membesar. Pada kehamilan 6 bulan perkembangan otak janin sudah berfungsi dengan baik. Hal ini ditandai dengan reaksi ketika Anda memberikan stimulus dengan cahaya ke bagian perut maka janin akan memberikan respon.

Perkembangan janin pada usia 6 bulan memang berlangsung dengan sangat pesat terutama bagian otak. Selain itu tulang janin juga berkembang dengan sangat baik, bahkan lengan dan jemari janin berkembang dengan sangat baik. Pada usia 6 bulan, bayi mulai mengisi uterus sang ibu.

Pembuluh darah janin semakin baik dalam perkembangannya. Saluran nafas, bibir dan mulut juga mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mulai menunjukan sensitifitas. Hal yang paling mengagumkan lagi yaitu si kecil sudah mulai bisa mendengar suara Anda dari luar sehingga sangat tepat untuk memberikan stimulus dengan bahasa yang halus.

Stimulasi merupakan salah satu bagian yang penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Namun disamping itu, Anda juga harus memperhatikan konsumsi makanan ibu hamil 6 bulan yang bernutrisi.

Makanan menjadi faktor yang berpengaruh bagi tumbuh kembang janin. Semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara tidak langsung akan diserap oleh janin. Maka dari itu pemilihan makanan untuk ibu hamil 6 bulan harus selektif dan mengutamakan kandungan nutrisinya.

Berikut Ini Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Telur

Nah, salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil 6 bulan yaitu telur. Kandungan nutrisi pada telur sangat beragam seperti kalori, vitamin, mineral dan protein. Selain itu telur juga mengandung kolin yang berguna untuk mendorong pertumbuhan janin.

Dalam mengkonsumsi telur sebaiknya Anda memperhatikan tingkat kematangan. Hindari telur setengah matang atau bahkan mentah karena dikhawatirkan mengandung bakteri berbahaya.

Ikan Salmon

Selanjutnya dari kelompok ikan yaitu salmon. Jenis ikan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi dengan kandungan nutrisinya. Ikan salmon kaya akan lemak omega-3 yang berguna untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak janin. Selain itu ikan salmon juga rendah merkuri sehingg aman untuk janin didalam kandungan.

Buncis

Buncis merupakan salah satu kelompok kacang-kacangan yang kaya akan kandungan nutrisi dan baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan nutrisi pada buncis diantaranya yaitu serat dan protein. Nah, kandungan serat dan protein pada buncis ternyata lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kacang yang lainnya.

Konsumsi sayuran yang satu ini untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan pencernaan. Buncis bisa diolah dengan cara di kukus dan dijadikan lalapan. Selain itu, tumis dan sayur buncis juga bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Daging Tanpa Lemak

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi seperti protein hewani dan zat besi maka pilihlah daging tanpa lemak. Konsumsi secara teratur dengan porsi yang sesuai untuk mendukung tumbuh kembang janin. Yang perlu Anda perhatikan dalam mengkonsumsi daging yaitu tingkat higienitas dan cara pengolahan yang benar untuk menghilangkan bakteri berbahaya.

Ubi Jalar

Ubi jalar yang berwarna ungu salah satu yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena kaya akan kandungan vitamin A dan karotenoid. Manfaatnya untuk mengoptimalkan perkembangan indera penglihatan janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Ubi jalar bisa dikonsumsi dnegan cara direbus atau dibuat sayur bening.

Nah, demikian beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil usia 6 bulan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This