Daftar Makanan Sehat dan Bergizi Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan sehat harus selalu dilakukan sebagai upaya dalam menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata makanan sehat dan bergizi akan membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi dengan porsi yang tidak teratur dan berlebihan.

Menurut seorang pakar gizi terkemuka menyatakan bahwa mengkonsumsi satu jenis makanan bergizi secara berlebihan maka hal ini akan menutup ruang bagi makanan bergizi lainnya di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan menghambat sebagian nutrisi penting ke dalam tubuh yang pada akhirnya akan terjadi ketidakseimbangan nutrisi.

Nah, Berikut Ini Daftar Makanan Sehat dan Bergizi Yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

  1. Ikan tuna

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang tinggi akan kandungan omega-3 serta protein. Manfaatnya yaitu untuk memelihara kesehatan otak dan membantu proses metabolisme. Akan tetapi disamping itu ternyata ikan tuna mengandung polutan tingkat tinggi yaitu methylmerkuri. Senyawa tersebut termasuk racun saraf yang bisa mengakibatkan efek merugikan untuk kesehatan tubuh. Resikonya yaitu gangguan penglihatan bahkan pendengaran. Oleh karena itu, konsumsilah jenis ikan ini dalam batas wajar.

  1. Kedelai

Jika dikonsumsi dalam batas wajar maka kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan kadar koleterol. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka beresiko mengakibatkan terhambatnya penyerapan zat besi. Hal ini tentunya beresiko terhadap penyakit anemia. Jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker rahim karena kedelai mengandung senyawa mirip estrogen.

  1. Bayam

Bayam terkenal dengan sumber zat besi tinggi. Selain itu bayam juga mengandung serat, protein serta vitamin. Akan tetapi bayam juga tinggi akan kandungan asam oksalat. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya pembentukan batu ginjal.

  1. Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap. Bahkan kayu manis bisa dijadikan sebagai obat. Hal ini karena kayu manis mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi untuk mencegah terjadinya peradangan serta mengontrol gula darah.

Akan tetapi ternyata kayu manis bisa membahayakan kesehatan jika terlalu berlebihan. Hal ini karena kayu manisĀ  mengandung coumarin yang bisa menyebabkan keracunan dan memicu kanker jika masuk ke dalam tubuh terlalu berlebihan.

  1. Hati

Hati merupakan salah satu bagian yang paling bergizi dari jenis hewan tertentu. Hal ini karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12, tembagazat besi serta vitamin A. Manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Namun Anda harus berhati-hati, sebab jika dikonsumsi secara berlebihan beresiko mengakibatkan nyeri tulang, gangguan penglihatan, mual dan muntah.

Itulah daftar makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Apapun yang berlebihan tentunya tidak baik. Maka dari itu, perhatikan setiap konsumsi makanan supaya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dalam keadaan seimbang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517