Daftar Makanan Sehat Dan Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan untuk ibu hamil – Kehamilan menjadi momen yang paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Dengan memiliki keturunan tentunya menyempurkan jati diri seorang wanita. Bahkan dengan adanya kehadiran sang buah hati dalam pernikahan menjadi momen yang membahagiakan sekaligus melengkapi jalinan kasih dalam berumah tangga. Setiap pasangan tentunya mendambakan kehadiran seorang anak dalam pernikahan mereka. Hanya saja seringkali tidak semua orang di percayai seorang anak.

makan sehat selama hamil

Memasuki tahap awal kehamilan tentunya ada banyak hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil hingga 9 bulan. Salah satu persiapan dan hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin dan juga kesehatan ibu hamil. Dengan asupan nutrisi yang tepat maka tentunya akan membuat janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pemilihan jenis makanan yang tepat untuk kehamilan adalah salah satu hal yang begitu penting untuk dilakukan. Jangan sampai salah langkah dan mengabaikan asupan nutrisi sebab hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan kesehatan janin selama berada dalam Rahim. Bahkan asupan makanan sangat menentukan kualitas dan kecerdasan janin nantinya setelah lahir.

Setiap ibu hamil harus memiliki pengetahuan seputar asupan nutrisi yang tepat untuk janin. Jangan sampai asal konsumsi makanan begitu saja tanpa memperhatikan kualitas dan kuantitas nutrisinya. Bahkan jangan sembarangan konsumsi makanan sebab hal ini akan sangat berisiko terhadap perkembangan janin untuk jangka panjang.

Perhatikan semua kelengkapan nutrisi yang sekiranya diperhatikan janin sehingga apa yang dibutuhkan oleh janin akan tercukupi dengan baik hingga menjelang proses persalinan atau janin lahir. Dalam hal ini kelengkapan nutrisi seperti vitamin, kalsium, mineral, asam folat dan nutrisi lainnya penting untuk diperhatikan.

Inilah Beberapa Daftar Makanan Sehat dan Baik Untuk Ibu Hamil

Terkait pemilihan jenis makanan untuk ibu hamil memang penting sekali untuk mengutamakan kandungan nutrisinya. Jangan hanya mengandalkan citarasa dan jenis makanan yang anda inginkan pada saat itu, namun pikirkan juga untuk kelangsungan tumbuh kembang janin di dalam tubuh. Berikut ini ada beberapa kategori jenis makanan untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi dengan baik!

Baca Juga:  Mengapa Warna Air Ketuban Menjadi Hijau?

Sumber Asam Folat

Salah satu kategori jenis makanan yang sebaiknya diperhatikan dan dikonsumsi dengan baik oleh ibu hamil adalah kategori asam folat. Jenis makanan yang satu ini memang menunjang tumbuh kembang janin dan mencegah cacat fisik pada janin. Asam folat berperan dalam proses pembentukan system saraf dan tulang belakang pada janin.

makanan sehat ibu hamil

  1. Bayam

Salah satu sumber asam folat yang baik untuk janin dalam masa kehamilan adalah bayam. Selain tinggi zat besi, bayam juga tinggi asam folat untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah risiko cacat permanen pada bayi.

  1. Mangga

Buah mangga juga kaya akan kandungan asam folat. Buah manis yang satu ini sangat tepat untuk Anda konsumsi untuk menunjang tumbuh kembang janin dengan baik. Kandungan asam folat pada manga sangat tinggi.

  1. Stroberi

Buah kelompok berry selain kaya akan kandungan antioksidan, namun kaya juga akan kandungan asam folat yang penting untuk janin. Buah stroberi sangat menyegarkan dikonsumsi pada siang hari untuk kesehatan ibu hamil.

  1. Roti Gandum

Konsumsi juga roti gandum yang lebih sehat dan kaya akan kandungan asam folat untuk mencegah berbagai kelainan pada janin selama takhap kehamilan.

  1. Kacang-kacangan

Asam folat juga bisa Anda raih dari jenis kacang-kacangan. Namun camilan sehat ini sebaiknya lebih selektif dalam memilihnya. Hindari proses pengolahan dengan cara di goring, pilih kacang panggang supaya kandungan kolesterolnya rendah.

Sumber Kalsium

Untuk kategori jenis makanan selanjutnya yaitu sumber kalsium. Kalsium penting sekali untuk tumbuh kembang janin secara optimal. Kalsium berperan penting dalam pertumbuhan dan eprkembangan tulang serta gigi bayi dalam kandungan.

makanan ibu hamil

  1. Yoghurt dan Keju

Sumber kalsium bisa Anda dapatkan dari makanan olahan susu seperti yoghurt dan keju. Namun pilih yoghurt atau keju yang menggunakan teknologi pengolahan bagus. Jangan asal pilih produk makanan yang satu ini. Kalsium pada yoghurt dan keju bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

  1. Ikan Salmon
Baca Juga:  Terjadinya Kram Perut Saat Kehamilan

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan kalsium. Ikan salmon ini merupakan salah satu jenis makanan terbaik untuk kehamilan Anda sebab kaya akan kandungan nutrisi selain kalsium juga yang akan mendukung tumbuh kembang janin dengan baik.

  1. Susu Pasteurisasi

Konsumsi juga susu yang sehat dan steril. Pilih produk susu yang melalui pengolahan pasteurisasi sehingga tidak ada bakteri yang berpotensi terhadap infeksi pada janin. Konsumsi susu kaya akan kalsium memang penting sekali untuk menunjang tumbuh kembang janing dengan optimal.

Sumber Vitamin C

Ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin C. Ini untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh selama menjalani masa kehamilan. Bahkan vitamin C juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin yang lebih baik.

  1. Buah-buahan

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin C selama masa kehamilan sebaiknya konsumsi beragam jenis buah. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan merupakan salah satu sumber utama kandungan vitamin C. Misalnya untuk jenis buah seperti jeruk, kiwi, pisang, stroberi, semangka, melon, pir, dan jenis buah lainnya.

Sumber Vitamin D

Selanjutnya penuhi juga supan nutrisi berupa vitamin D untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dan juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungan. Sumber vitamin D bisa diperoleh dari sumber makanan seperti berikut:

makanan sehat hamil

  1. Telur

Telur adalah salah satu sumber vitamin D yang tinggi. Namun dalam konsumsi telur harus lebih hati hati dan utamakan memasak sendiri dengan baik. Jangan sampai terkena bahaya dari telur yang belum matang. Hal ini rentan terhadap infeksi janin.

  1. Ikan Sarden

Jenis sumber vitamin D selanjutnya terdapat dalam ikan sarden. Masak dengan matang ikan sarden dan hindari konsumsi ikan yang belum matang sebab hal ini bisa sangat membahayakan kehamilan Anda. Kandungan vitamin D pada ikan sarden cukup tinggi.

  1. Sereal
Baca Juga:  Siapkan Kebutuhan Asam Folat Untuk Calon Ibu Hamil

Vitamin D juga bisa Anda peroleh dengan konsumsi seral. Untuk seral ini bisa Anda konsumsi dengan tambahan susu sehingga rasanya lebih enak.

Sumber Zat Besi

Zat besi juga penting untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil. Zat besi mencegah terjadinya anemia selama hamil dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin dengan baik melalui asupan nutrisi dari darah dan oksigen untuk janin.

makanan untuk ibu hamil

  1. Daging Merah Tanpa Lemak

Salah satu sumber zat besi yang tinggi adalah daging merah tanpa lemak. Kandungan zat besi pada daging merah tanpa lemak ini sangat tinggi sekali untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janin dengan baik.

  1. Kacang Merah

Jenis kacang-kacangan seperti kacang merah juga kaya akan kandungan zat besi tinggi untuk melengkapi kebutuhan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin dengan baik. Ini menjadi camilan sehat dan kaya nutrisi untuk kehamilan.

Itulah beberapa daftar makanan sehat dan baik untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi secara rutin dan teratur untuk menunjang kesehatan serta tumbuh kembang janin dengan baik. Asupan makanan sehat dan bernutrisi tinggi tentunya penting untuk diperhatikan selama menjalani masa kehamilan.

Loading...

Related Posts

Share This

Share Artikel Ini.