Daftar Makanan Sehat Balita Yang Bisa Anda Olah Sendiri

Makanan sehat balita sangat penting untuk diberikan dalam menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan otaknya. Mengenalkan makanan sehat harus dimulai sejak si kecil mendapatkan MPASI. Sajian menu makanan yang bervariasi sangat penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Menolah makanan sendiri untuk anak menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Jangan memberikan makanan instan secara terus menerus untuk anak karena dikhawatirkan nutrisinya tidak terpenuhi.

Banyak bahan makanan sehat yang bisa Anda olah sendiri untuk melengkapi ekbutuhan nutrisi si kecil di setiap tahapnya. Lalu apa saja bahan makanan tersebut? Simak ulasan bertikut ini.

  • Ubi

Bunda, ternyata ubi bisa menjadi salah satu makanan sehat yang bisa diperkenalkan pada tahap pemberian makanan padat. Kandungan nutrisi pada ubi diantaranya yaitu beta karoten, vitamin A, potassium, kalsium, vitamin E dan bahkan serat. Kandungan nutrisi tersebut terbilang efektif dalam melengkapi kebutuhan harian si kecil. Selain itu, ubi juga memiliki rasa manis alami yang akan disukai oleh si kecil.

  • Kentang

Pada tahap pengenalan MPASI, kentang bisa Anda berikan untuk si kecil karena memiliki tekstur lunak sehingga lebih mudah dilumat dan dicerna. Selain itu, kandungan gizi pada kentang juga bermanfaat membantu tumbuh kembang anak. Kandungan tersebut diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B dan karbohidrat .

Kentang bisa disajikan untuk si kecil dengan cara direbus, kemudian dilumatkan menjadi puree yang sedikit lunak. Kentang tidak akan menyebabkan masalah pencernaan pada anak karena memiliki tekstur lembut.

  • Pisang

Jenis buah yang satu ini memiliki tekstur sangat lembut sehingga cocok untuk diperkenalkan sebagai MPASI. Bahkan pisang kaya akan kandungan nutrisi seperti potassium, vitamin C, kalium, kalsium, vitamin B dan nutrisi penting lainnya. Kandungan vitamin B pada buah pisang berguna untuk menunjang kinerja sistem saraf sehingga berfungsi dengan optimal.

Disamping itu, pisang juga mengandung serat cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan si kecil. Pisang bisa Anda sajikan secara langsung karena mudah dilumat. Bisa juga dihaluskan menjadi puree dengan kombinasi susu.

  • Labu Kuning

Kandungan nutrisi pada labu kuning sangat tinggi sehingga menjadikan makanan ini cocok untuk menunjang tumbuh kembang anak. Labu kuning memiliki tekstur halus sehingga akan memudahkan si kecil mencernanya. Kandungan nutrisi pada labu kuning yaitu vitamin B, vitamin A dan beta karoten , vitamin C, folat, protein dan kalsium. Karena teksturnya yang lembut, labu bisa dijadikan MPASI pertama untuk bayi.

  • Jagung

Makanan sehat selanjutnya yaitu jagung. Kandungan gizi pada jagung diantaranya yaitu posfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, serat dan mineral penting lainnya. Manfaatnya yaitu untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, memelihara kesehatan mata dan juga meningkatkan sistem imun si kecil.

Related Posts

Share This