Daftar Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan hal yang wajar dan normal terjadi pada setiap wanita setelah memasuki usia pubertas. Keputihan adalah bentuk sekresi vagina dan tidak berbahaya bagi kesehatan organ intim selama keputihan tersebut tidak menunjukan tanda-tanda yang abnormal. Keputihan normal memiliki ciri yaitu cairan yang keluar bening, tidak berbau dan tidak disertai gatal. Sedangkan keputihan abnormal sebaliknya. Penyebab keputihan pada wanita sangat beragam, salah satunya yaitu faktor makanan.

Penyebab keputihan yang sering dialami oleh wanita tidak terlepas dari gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Komponen tersebut memicu pertumbuhan jamur pada vagina yang disebut dengan Candida albicans. Apa saja jenis makanan yang bisa memicu keputihan? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Makanan yang memiliki kandungan ragi

Salah satu makanan penyebab keputihan yaitu jenis makanan yang mengandung ragi. Contoh dari makanan tersebut yaitu tape, pasta tomat, keju ataupu jamur. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka sangat beresiko menyebabkan keputihan yang bersifat abnormal. Maka dari itu sebisa mungkin wanita harus menghindari jenis makanan dengan kandungan ragi tinggi yang melalui proses fermentasi.

  1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Pada umumnya wanita menyukai jenis makanan manis yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Akan tetapi sebaiknya Anda berhati-hati karena makanan manis menjadi salah satu pemicu timbulnya keputihan. Disarankan bagi wanita untuk bisa mengontrol dan membatasi konsumsi makanan dengan kadar gula cukup tinggi.

  1. Buah-buahan terlalu manis

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang baik dan sehat untuk tubuh. Namun tahukah Anda jika buah-buahan yang memiliki kandungan gula tinggi (terlalu manis) sangat beresiko menyebabkan keputihan. Pilihlah jenis buah dengan kandungan kadar gula rendah sehingga aman untuk kesehatan.

  1. Makanan yang berbahan dasar tepung

Olahan makanan yang menggunakan tepung perlu dikontrol karena salah satu penyebab keputihan. Pada dasarnya tepung merupakan sumber karbohidrat yang bisa menghasilkan gula tinggi. Jika kadar gula tinggi maka sangat memudahkan pertumbuhan bakteri Candida albicans.

Nah, demikian beberapa kategori makanan yang bisa memicu terjadinya keputihan. Bagi wanita sebaiknya mengontrol konsumsi makanan tersebut sehingga terhindar dari bahaya keputihan. Selektif dalam memilih makanan merupakan kunci sukses untuk memperoleh tubuh yang sehat.

Contoh makanan manis dalam kategori yang disebutkan diatas dan perlu dihindari yaitu minuman bersoda dengan kandungan kadar gula tinggi. Biasanya pada zaman modern seperti saat ini gaya hidup tidak terkontrol sehingga lebih mudah terkena gangguan kesehatan seperti keputihan. Maka dari itu bersikap bijaklah dalam menerapkan pola hidup.

Selain dengan menghindari makanan tersebut, biasakan untuk melakukan kegiatan yang sehat seperti olahraga secara rutin dan teratur. Dengan begitu Anda akan memperoleh tubuh yang sehat dan kuat. Semoga bermanfaat ladies!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517