Daftar Makanan Penyebab Jerawat Yang Perlu Anda Hindari

Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan pada kulit yang sangat mengganggu. Terlebih lagi jika jerawat muncul dibagian kulit wajah. Pada umumnya jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Lalu apa saja jenis makanan penyebab jerawat?

Makanan adalah salah satu komponen yang memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh. Namun tidak semua jenis makanan bisa diterima oleh tubuh. Ada sebagian jenis makanan yang mungkin dianggap toksik oleh tubuh sehingga memicu timbulnya penyakit.

Setiap orang memiliki reaksi sistem imun yang berbeda-beda terkait alergen suatu makanan. Sebagian orang ada yang menderita alergi tertentu terhadap suatu makanan sehingga timbul gangguan kesehatan. Nah, begitupula dengan timbulnya jerawat yang diakibatkan oleh makanan.

Berikut Ini Beberapa Jenis Makanan Yang Menyebabkan Jerawat

Makanan Cepat Saji

Nah, salah satu jenis makanan yang menyebabkan jerawat yaitu makanan cepat saji. Biasanya jenis makanan ini banyak digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat. Namun tahukah Anda jika makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab jerawat.

Makanan cepat saji pada umumnya tidak mengandung gizi. Biasanya makanan cepat saji hanya mengutamakan citarasa dibandingkan dengan nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji cenderung tinggi kandungan lemak jahat sehingga berpotensi terhadap berbagai jenis penyakit.

Makanan Tinggi Protein

Makanan yang mengandung protein memang bermanfaat untuk tubuh. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein maka berpotensi terhadap jerawat. Hal ini karena makanan yang mengandung protein, terutama protein hewani bersifat asam sehingga ketika diserap oleh kulit akan memicu pertumbuhan bakteri dan parasit penyebab jerawat.

Produk Susu

Makanan pemicu jerawat yang selanjutnya yaitu produk susu seperti keju, yoghurt dan cokelat. Makanan seperti ini memiliki kandungan lemak tinggi sehingga lebih mudah memicu timbulnya jerawat.Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan kulit sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi makanan tersebut.

Makanan Tinggi Gula

Selanjutnya makanan penyebab jerawat yaitu makanan yang tinggi gula. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi akan meningkatkan hormone insulin sehingga menyebabkan inflamasi tingkat selular. Nah kondisi tersebut akan menurunkan kinerja dan fungsi imun sehingga rentan terhadap infeksi bakteri.

Alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara terus menerus akan menurunkan fungsi hati sehingga berdampak terhadap kesehatan kulit yang memicu timbulnya jerawat. Kondisi kesehatan kulit yang rusak mengakibatkan jerawat lebih mudah timbul.

Kafein

Selain alkohol, ternyata kafein juga berpotensi menyebabkan jerawat. Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara terus menerusĀ  akan memicu kelenjar adrenalin sehingga meningkatkan stres yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit dengan timbulnya jerawat.

Nah, demikian beberapa penyebab timbulnya jerawat. Batasi konsumsi makanan tersebut jika Anda ingin terhindar dari gangguan kulit yang akan menggangu penampilan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This