Daftar Makanan Mengandung Karbohidrat Sehat Untuk Diet

Makanan mengandung karbohidrat mungkin bukan hal yang asing lagi karena jenis makanan tersebut sangat mudah dikenali dan bahkan menjadi bahan makanan pokok sehari-hari. Salah satu contoh jenis makanan yang mengandung karbohidrat yaitu seperti nasi, jagung, ubi dan lain sebagainya.

Karbohidrat merupakan salah satu komponen nutrisi yang penting bagi tubuh dan merupakan sumber energy. Namun perlu diketahui bahwa karbohidrat terbagi menjadi karbohidrat biasa dan karbohidrat kompleks.

Bagi Anda pelaku diet tentunya sumber makanan yang mengandung karbohidrat merupakan musuh utama karena bisa menggagalkan program diet yang sedang dijalankan. Namun dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir sebab ada jenis karbohidrat yang tidak merugikan bagi diet yaitu jenis karbohidrat kompleks atau karbohidrat baik.

Berbicara mengenai sumber karbohidrat yang baik dan sehat, jenis makanan apa yang akan Anda pilih? Apakah sereal atau oatmeal? Ubi jalar atau kentang? Nasi merah atau nasi putih? Manakah yang menurut Anda lebih baik dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan? Masihkah Anda bingung untuk memilihnya? Berikut penjelasan secara mendetailnya.

Oatmeal vs Sereal

Berbicara mengenai sarapan sehat saat berdiet tentunya harus senantiasa memilih makanan yang rendah gula dan kalori. Pilihannya bisa diantara serela atau oatmeal. Jenis makanan tersebut memang praktis dan mudah untuk dipersiapkan.

Sereal bisa dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung serat, rendah kalori dan juga rendah lemak. Akan tetapi tetap saja tidak semua sereal bisa dikatakan sebagai makanan sehat. Dalam hal ini harus benar-benar bisa memilih jenis sereal tersebut.

Sedangkan untuk oatmeal bisa dikatakan sebagai makanan yang lebih sehat dan unggul. Terlebih lagi bagi pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Didalam secangkir oatmeal mengandung 4 gram serat yang akan membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu protein pada oatmeal bisa membantu membangun jaringan tubuh dan perut kenyang.

Kentang vs Ubi Jalar

Kandungan vitamin esensial pada kentang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ubi jalar. Diantaranya yaitu magnesium, zat besi dan juga kalium. Akan tetapi jika salah mengolahnya maka kentang akan menjadi makanan yang tidak sehat.

Seperti contohnya yaitu kentang goreng yang ditaburi keju krim akan menjadi makanan yang sangat tidak sehat dan mengandung lemak jenuh. Seperti yang kita ketahui bahwa lemak jenuh sangat tidak baik untuk kesehatan dan bisa membahayakan jantung.

Sedangkan jika kita mengkonsumsi ubi jalar utuh dengan sedikit campuran mentega  dan kombinasi kayu manis bubuk sangat baik untuk kesehatan. Dalam hal ini ubi jalar memiliki keunggulan karena mengandung vitamin A, indeks glikemik rendah dan vitamin A serta kandungan serat yang sangat tinggi.

Ubi jalar dan kentang merupakan sumber karbohidrat sehat jika kita mengkonsumsinya dengan pengolahan yang benar.

Nasi Merah vs Nasi Putih

Kandungan nutrisi beras merah dan beras putih memang sangat jauh berbeda. Kandungan nutrisi pada beras merah diantaranya yaitu posfor dua kali lebih banyak dari beras putih, mangan, zat besi lebih banyak, vitamin B3 tiga kali lebih banyak dari beras putih, vitamin B1 empat kali lebih banyak dam vitamin B6 sepuluh kali lebih banyak.

Bahkan kandungan serat dari beras merah juga sangat tinggi jika dibandingkan dengan beras putih. Maka dalam hal ini bagi Anda pelaku diet, beras merah bisa menjadi pilihan yang tepat dalam solusi diet. Mulailah perhatikan pemilihan karbohidrat yang sehat untuk menjalani diet sehat.

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517