Daftar Makanan Ibu Menyusui yang Harus Dihindari

Makanan ibu menyusui. Agar si kecil bisa memperoleh manfaat dari ASI yang optimal, maka seorang ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan atau bahkan asupan minuman yang di konsumsinya selama masa menyusui.

Dan apakah Anda tahu, beberapa jenis makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda menyusui? Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada beberapa daftar makanan ibu menyusui yang harus Anda hindari guna memenuhi asupan nutrisi si kecil melalui ASI. Dan berikut ini beberapa daftar makanan yang harus Anda hindari, yaitu sebagai berikut:

1. Buah Jeruk

Ibu yang tengah menyusui sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah jeruk, apapun jenisnya. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki buah jeruk ini bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman, dan si kecil akan lebih sering lagi buang air kecil. Guna memenuhi asupan vitamin C, maka Anda bisa mengkonsumsi buah papaya atau buah mangga matang.

2. Buah Bit

Buah bit termasuk kedalam jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil, karena buah bit memiliki kandungan gas yang bisa membuat perut si kecil menjadi sakit.

3. Minuman Berkafein

Hindari mengkonsumsi kopi atau bahkan teh, karena kandungan kafein yang ada di dalamnya bisa membuat si kecil mudah sekali rewel dan susah untuk tertidur.

4. Makanan Pedas

Anda juga sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang pedas, terutama ketika Anda tengah menyusui si kecil.

5. Minuman Beralkohol

Anda dianjurkan untuk menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol, karena minuman beralkohol bisa menyebabkan bayi Anda susah memiliki berat badan yang ideal.

6. Makanan Pemicu Alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, maka Anda dianjurkan untuk benar-benar menghindari makanan tersebut, terutama ketika Anda tengah menyusui si kecil.

7. Bawang Putih

Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, terutama ketika Anda tengah menyusui. Karena konsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak bisa membuat ASI yang keluar memiliki aroma bau bawang, yang membuat si kecil enggan untuk meminumnya.

8. Makanan Cepat Saji

Hindari makanan sejenis ini, karena makanan seperti ini memiliki kandungan kalori jahat yang sangat banyak.

9. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan gas dalam jumlah yang banyak, yang bisa membuat si kecil sering buang gas.

10. Gandum

Jika Anda mengkonsumsi sandwich sebelum Anda menyusui, maka si kecil akan merasa tidak nyaman dengan keadaan perutnya dan menjadi rewel.

Dan itulah beberapa jenis makanan yang memang sebaiknya di hindari oleh ibu yang tengah menyusui. Karena jika Anda tetap bersikeras untuk mengkonsumsinya, maka bisa membuat rasa tidak nyaman untuk si kecil. Namun sebenarnya Anda bisa sjaa mengkonsumsi makanan tersebut, dengan catatan konsumsi dengan jumlah yang sedikit dan waktu yang tepat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517