Daftar Mainan Yang Harus Dihindari Oleh Anak Balita

Mainan adalah salah satu hal yang paling disukai oleh anak. Dalam hal ini orangtua harus memberikan mainan yang tepat untuk anak sesuai dengan tahapan usianya. Tidak semua jenis mainan dianjurkan untuk diberikan pada anak. Anda harus memperhatikan sisi positif dari mainan tersebut. Mainan yang diberikan untuk anak sebaiknya bersifat edukatif sehingga berguna untuk menstimulus perkembangan fisik dan psikisnya.

Pada zaman modern seperti saat ini banyak sekali jenis mainan anak yang beredar di pasaran. Anda sebagai orangtua dituntut untuk lebih selektif dalam memilih mainan tersebut. Perhatikan aspek keamanan dari mainan tersebut sehingga tidak akan membahayakan si kecil. Hindari mainan yang menggunakan cat berbahaya karena anak-anak mempunyai kebiasaan memasukan mainan ke dalam mulut.

Dibawah Ini Daftar Mainan Yang Harus Dihindari

  1. Mengandung bahan kimia berbahaya

Salah satu daftar mainan anak di hindari yaitu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Banyak mainan yang menggunakan bahan dasar plastik berbahaya. Kandungan bahan kimia pada plastik bisa membahayakan kesehatan si kecil jika sampai tertelan. Seperti yang kita ketahui bahwa anak kecil mempunyai kebiasaan memasukan benda ke dalam mulut. Oleh karena itu, Anda harus memberikan mainan yang aman untuk anak dan memberikan pengawasan ketika anak bermain.

  1. Mainan yang memiliki kandungan magnet

Jika anak Anda masih berusia dibawah 6 tahun, sebaiknya tidak memberikan mainan yang memiliki magnet. Hal ini karena magnet pada mainan tersebut beresiko tertelan oleh si kecil. Anak usia balita biasanya mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap hal-hal yang baru dilihatnya termasuk magnet yang berbentuk bulat seperti permen. Oleh karena itu, jangn pernag memberikan mainan tersebut pada anak.

  1. Mainan berukuran kecil dengan warna yang mencolok

Anak balita memiliki kecenderungan dalam memasukan mainan ke dalam mulut. Terlebih lagi jika mainan tersebut berukuran kecil dan mempunyai warna yang mencolok. Anak-anak akan tertarik dan penasaran dengan mainan tersebut dan menganggapnya sebagai sesuatu yang bisa dimakan. Hal ini itentunya sangat berbahay bagi si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari mainan yang berukuran kecil.

  1. Mainan tajam

Dalam memilih mainan, perhatikan setiap sisi dari mainan tersebut. Hindari mainan yang memiliki bagian tajam karena berpotensi membahayakan dan bisa melukai anak. Pilihlah mainan dengan setiap sisinya tumpul sehingga aman bagi anak.

  1. Mainan bergerak dan memiliki roda

Mainan yang bisa dikendarai pada dasarnya tidak dianjurkan untuk anak dibawah usia 6 tahun. Hal ini karena bisa berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Namun jika Anda memutuskan untuk memberikan mainan yang bisa dikendarai seperti sepeda, tentunya harus dalam pengawasan.

  1. Mainan proyektil

Hindari memberikan mainan yang memiliki peluru dan bisa melukai anak seperti pistol pegas. Walaupun peluru tersebut terbuat dari plastic atau karet, namun sangat berbahaya untuk anak ataupun teman bermainnya. Jika ingin memberikan mainan pistol sebaiknya pilih yang tidak memiliki peluru.

itulah daftar mainan yang harus dihindari dan mendapatkan perhatian Anda sehingga tidak akan membahayakan keselatan si kecil. Pilihlah mainan yang aman sesuai dengan tahap perkembangan anak. Mainan yang bersifat edukatif lebih bermanfaat untuk menunjang perkembangan anak.

Related Posts

Share This