Daftar Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Memasuki tahap kedua kehamilan, mungkin Anda akan sedikit merasa nyaman karena gejala-gejala awal kehamilan perlahan hilang. Kini Anda mulai bisa menikmati masa kehamilan dengan perasaan yang menyenangkan. Meskipun terkadang masih ada beberapa keluhan seperti pusing, lelah dan sering buang air kecil. Namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut wajar dan masih kategori ringan. Pada tahap kedua ini ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat hamil.

Terkait dengan larangan tersebut, makanan yang tidak diperbolehkan secara umum termasuk kedalam kategori yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Jika dikonsumsi maka dikhawatirkan bisa berdampak negatif terhadap perkembangan janin. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut penjelasannya!

Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Daging Setengah Matang

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi daging yang diolah setengah matang. Hal ini karena daging setengah matang dikhawatirkan mengandung kuman dan bakteri yang bisa membahayakan perkembangan janin dan juga kesehatan ibu hamil. Hindari membeli olahan daging karena dikhawatirkan tidak higienis. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengolah sendiri di rumah dengan cara yang baik dan benar sehingga lebih aman.

Hati

Hati sapi, ayam atau kambing sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin A pada hati berbentuk retinol yang bisa membahayakan dan berpotensi menyebabkan keguguran. Konsumsi hati diperbolehkan jika usia kehamilan sudah menginjak usia 4 bulan keatas.

Keju

Keju merupakan salah satu makanan bergizi dan baik untuk ibu hamil. Namun keju tidak diperbolehkan bagi ibu hamil jika dalam proses pengolahannya tidak melalui pateurisasi. Susu yang tidak di pasteurisasi berpotensi mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kehamilan.

Telur Mentah

Seperti halnya daging setengah matang, ibu hamil juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi telur setengah matang atau telur mentah. Perlu Anda ketahui bahwa telur mentah atau setengah matang mengandung bakteri berbahaya yaitu Listeria yang bisa menyebabkan keguguran.

Ikan Yang Mengandung Merkuri

Ikan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, namun dalam hal ini ibu hamil harus lebih selektif dan hindari jenis ikan yang mengandung merkuri. Pilihlah jenis ikan yang dinilai aman dan emngandung banyak nutrisi seperti ikan tuna dan salmom. Hindari pula mengkonsumsi makanan olahan ikan yang masih mantah yaitu sushi.

Daging Olahan

Sebisa mungkin Anda harus menghindari daging olahan yang mengandung pengawet nitrat karena bisa mengancam kesehatan janin. Pilihlah atau bahkan olah sendiri daging supaya lebih aman untuk kehamilan dan kesehatan Anda selama hamil.

Adonan Kue

Selama hamil sebaiknya hindari mencicipi adonan kue sebab dikhawatirkan bisa membahayakan janin. Adonan kue mengandung telur mentah sehingga dikhawatirkan mengandung bakteri yang bisa mengancam kesehatan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517