Daftar Hal Yang Harus Dihindari Pada Usia Kehamilan 8 Bulan

Memasuki usia kehamilan 8 bulan, Anda akan mulai merasakan perubahan yang cukup signifikan didalam diri Anda. Kehadiran bayi akan semakin jelas dan naluri keibuan dari seorang wanita mulai nampak terlihat jelas. Dalam hal ini pastinya Anda akan lebih waspada dan berhati-hati untuk melakukan setiap aktivitas mengingat sangat rentan terjadi kontraksi.

Pada usia kehamilan tahap akhir, ibu hamil sebaiknya menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar hingga tiba saatnya proses persalinan. Salah satu cara yang paling umum untuk menjaga kebugaran tubuh yaitu dengan menjaga asupan makanan yang bergizi dan biasakan olahraga ringan khusus untuk ibu hamil trimester akhir.

Selain menjaga kebugaran tubuh, ibu hamil juga harus menghindari berbagai aktivitas yang bisa membahayakan kehamilan. Hal-hal yang dilarang bagi ibu hamil usia 8 bulan berkaitan dengan aktivitas fisik dan psikis yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Karena bagaimanapun, kondisi kesehatan ibu hamil akan berpengaruh terhadap janin yang Anda di dalam kandungan.

Berikut Daftar hal Yang Sebaiknya Dihindari Pada Kehamilan 8 Bulan

  • Perjalanan Jarak Jauh

Usia kehamilan 8 bulan merupakan waktu yang sudah dekat untuk proses persalinan. Pada tahapan ini sebaiknya ibu hamil tidak melakukan perjalanan jauh karena beresiko terhadap kelelahan yang akan memicu kontraksi sebelum waktunya. Bahkan jika ibu hamil terlalu kelelahan bisa berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan janin.

  • Stres

Kondisi psikis yang terganggu seperti halnya stres bisa mempengaruhi kesehatan janin menjelang persalinan. Stres bisa membuat ibu hamil kehilangan nfasu makan sehingga asupan nutrisi untuk janin terabaikan. Kondisi tersebut tentunya menjadi penyebab utama bayin mengalami berat badan rendah.

  • Makanan Pedas

Makanan pedas biasanya disukai oleh kebanyakan wanita tak terkecuali pada waktu hamil. Namun dalam memngkonsumsi makanan pedas sebaiknya dibatasi karena hal ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan janin pada usia kehamilan 8 bulan. Makanan pedas bisa berdampak terhadap kesehatan pencernaan ibu hamil sehingga mengganggu kenyamanan. Bahkan diare akibat makanan pedas dikhawatirkan bisa memicu dehidrasi.

  • Diet

Pada usia kehamilan 8 bulan, ibu hamil sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan diet ketat. Kebutuhan nutrisi pada kehamilan 8 bulan sangat tinggi sehingga membutuhkan berbagai macam asupan makanan sehat dan bergizi. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin, kalsium, zat besi, protein dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan guna perkembangan janin serta persiapan persalinan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil 8 bulan guna menjaga kesehatan tubuh dan janin menjelang tiba waktunya persalinan. Perbanyaklah konsumsi makanan bergizi dan hindari segala aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan serta membahayakan janin.

Related Posts

Share This