Cukupi Kebutuhan Yodium Sebagai Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Makanan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam menunjang kehamilan. Nutrisi untuk ibu hamil harus dipenuhi dicukupi dengan baik sebab akan berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Dalam hal ini makanan tidak hanya menghasilkan energi untuk ibu hamil, akan tetapi memberikan manfaat untuk kelangsungan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Ibu hamil harus selektif dalam memilih jenis makanan dan harus mengutamakan kandungan nutrisi. Pada dasarnya ibu hamil membutuhkan supan makronutrisi dan mikronutrisi dengan porsi berbeda untuk melengkapi semua kebutuhan harian. Terkadang ibu hamil mengabaikan kebutuhan nutrisi selama kehamilan sehingga hal ini beresiko terhadap perkembangan janin.

Selain kebutuhan vitamin, menurut ahli kesehatan menganjurkan bahwa ibu hamil harus mencukupi kebutuhan mineral seperti yodium. Asupan mineral yang satu ini sangat penting bagi ibu hamil. Jika tubuh kekurangan yodium maka beresiko terhadap kesehatan ibu dan janin. Bahkan hal ini bisa menghambat tumbuh kembangnya.

Kebutuhan yodium bagi ibu hamil sangat penting. Perlu Anda ketahui kbahwa yodium merupakan salah satu nutrisi yang akan memberikan dampak terhadap perkembangan neurologis janin. Namun dalam hal ini Anda harus mengetahui batasan dan mengontrol asupan yodium. Jangan terlalu berlebihan sebab bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan juga perkembangan janin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asupan yodium untuk ibu hamil yaitu sekitar5 220 mikrogram dalam manjaga kesehatan pada waktu hamil dan berguna untuk mengembalikan kondisi pasca melahirkan. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi setiap hari oleh ibu hamil sebagai upaya untuk  mendapatakan kehamilan sehat dan janin cerdas.

Menurut salah satu situs kesehatan dunia mengemukakan bahwa kebutuhan yodium harus dipenuhi selama masa kehamilan sebagai upaya untuk mencegah kelainan fisik dan mental pada bayi yang dilahirkan. Dalam mengkonsumsi yodium, ibu hamil harus mengikuti aturan yang ditetapkan dan jangan berlebihan. Kelebihan yodium sangat beresiko teradap gangguan hipotiroidisme.

Hipotiroidisme merupakan kondisi penurunan sistetis dan sekresi hormone tiroid  dari bagian kelenjar tiroid. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kelebihan iodine. Kondisi tersebut akan menginduksi terjadinya kelainan enzimatik yang mengakibatkan terlambatnya sistetis hormone pada bagian kelenjar tiroid.

Untuk mengetahui kadar yodium di dalam tubuh ibu hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan melalui tes urin. Nah,tes ini berfungsi untuk mengetahui kadar dan kekurangan serta kelebihan yodium didalam tubuh ibu hamil. Jika kadar yodium batgus maka tidak perlu lagi menambah makanan yang mengandung yodium. Namun, jika sebaliknya maka ibu hamil sebisa mungkin harus mengupayakan asupan makanan yang mengandung yodium.

Dokter akan menyarankan ibu hamil yang kekurangan yodium untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan mineral tersebut. Untuk mendukung hal tersebut dokter juga akan memberikan suplemen. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517