Ciri Hamil 4 Minggu Yang Semakin Jelas

Pada usia hamil 4 minggu, Anda akan mengalami perubahan secara fisik dan psikis. Sebenarnya perubahan fisik dan psikis juga muncul pada minggu pertama, hanya saja sebagian wanita tidak begitu menyadarinya dan hanya menganggapnya sebagai gangguan kesehatan biasa saja atau gejala dari PMS. Terlebih lagi biasanya kondisi tersebut cenderung terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan.

Secara umum, tanda kehamilan yang dialami oleh wanita terbagi menjadi tiga kategori yaitu tanda kehamilan pasti, kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan kemungkinan. Nah, untuk tanda kehamilan pasti merupakan sebuah perubahan yang dialami oleh wanita dan juga bisa disebabkan gangguan kesehatan.

Tanda kehamilan kemungkinan memang tanda yang belum pasti dan merupakan gejala dari gangguan kesehatan. Tanda ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh medis. Sedangkan jika kehamilan pasti bisa diprediksi adanya tanda kehamilan yang jelas.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui dan menyadari tanda hamil usia 4 minggu, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai tanda hamil usia 4 minggu. Berikut ini penjelasannya.

Terlambat Menstruasi

Terlambat datang bulan merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling umum dan jelas. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi secara teratur.  Untuk memastikan kehamilan tersebut, maka Anda bisa melakukan test secara medis.

Mudah Lelah

Ciri hamil 4 minggu yang selanjutnya yaitu akan merasakan gejala mudah lelah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Perubahan hormone kehamilan akan mempengaruhi produksi sel darah merah untuk mengoptimalkan aliran nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Bahkan perubahan fisik pada usia kehamilan 4 minggu akan membuat ibu hamil cenderung mudah lelah dan sering mengantuk. Tidak mengherankan jika pada usia kehamilan tersebut akan terjadi perubahan pola tidur secara signifikan.

Mual Tanpa Muntah

Mual dan muntah sangat identik dengan ibu hamil. Nah, pada usia kehamilan tahap awal biasanya ibu hamil akan mengalami gejala mual dan muntah lebih sering akibat adanya perubahan hormone yang mempengaruhi sistem pencernaan. Namun, pada usia kehamilan 4 bulan terkadang ibu hamil akan mengalami gejala mual namun tidak disertai muntah.

Terjadi Kontraksi Pada Rahim

Ciri hamil 4 minggu selanjutnya yaitu gejala kram yang menyerupai seperti gejala menstruasi. Hal ini terjadi karena penempelan janin pada rahim semakin kuat memasuki usia 4 minggu. Kram tersebut tak jarang disertai dengan munculnya flek darah.

Perubahan Bentuk Tubuh

Perubahan bentuk tubuh pada usia kehamilan 4 minggu memang akan dialami oleh setiap wanita. Perubahan tersebut meliputi paha, bokong, lengan dan payudara yang membesar. Bahkan seiring dengan bertambahnya hitungan maka perubahan perut akan semakin terlihat dengan sangat jelas.

Intensitas Buang Air Kecil Semakin Meningkat

Karena embrio semakin berkembang menjadi janin maka akan memberikan tekanan yang semakin kuat terhadap kandung kemih. Hal inilah yang akan menyebabkan wanita hamil cenderung lebih sering buang air kecil. Kondisi ini terbilang sangat normal. Yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan tubuh supaya terhindar dari resiko dehidrasi.

Upayakan supaya Anda menjaga asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih ataupun jus buah. Jika kekurangan cairan tubuh maka beresiko terhadap proses pembentukan janin pada tahapa awal. Resiko paling parah bisa meyebabkan kegagalan pembentukan janin yang berakhir keguguran.

Related Posts

Share This