Ciri dan Karakter Anak Tunggal

Selain anak bungsu, anak tunggal juga sering mendapatkan cap negatif terkait sifat manja. Meskipun sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah benar adanya sebab tidak semua anak tunggal memiliki sifat manja. Justru dalam beberapa kasus, karakter anak tunggal justru menunjukan sikap yang bersifat positif.

Anak tunggal memiliki jiwa petualang cukup tinggi dan kepribadiannya terbilang cukup mantap. Nah, lebih jelasnya berikut ini penulis merangkum beberapa karakter anak tunggal yang bisa Anda ketahui sehingga bisa memberikan pemahaman yang tepat.

  • Percaya diri

Rasa percaya diri anak tunggal sangat tinggi. Hal ini tentunya disebabkan oleh perhatian berlebih yang diberikan oleh orangtuanya sehingga membuat anak cenderung lebih nyaman sehingga bisa mengembangkan potensi dan rasa percaya dirinya lebih tinggi.

  • Mandiri

Karena tidak memiliki saudara kandung maka anak tunggal lebih terbiasa untuk melakukan segala hal sendirina. Nah, kondisi tersebut menjadikan anak tunggal lebih mandiri dan tidak memiliki sifat ketergantungan terhadap orang lain.

  • Menyukai privasi

Anak tunggal cenderung menyukai dan memiliki privasi yang tinggi karena mereka terbiasa hidup sendiri dan menempati kamar tanpa harus berbagi dengan orang lain.

  • Terorganisir

Apabila orangtua tidak memanjakan anak tunggal maka secara tidak langsung hal ini akan menajdikan mereka memliliki pribadi yang lebih terorganisir sehingga bisa merinci dan mengatur semua hal yang disukainya.

  • Prestasi akademik

Dalam perihal akademik, anak tunggal biasanya memiliki prestasi di bidang akademik sangat bagus dan membanggakan. Hal ini didasari oleh perhatian orangtua yang hanya terfokus untuk mengajari anak. Dalam hal ini orangtua lebih banyak mengajari anak mengenai pendidikan moral dan akademik.

Nah, dibalik kelebihan yang telah disebutkan diatas, ternyata ada beberapa kelemahan yang bisa menghinggapi anak tunggal yaitu salah satunya cenderung lamban dalam mengambil keputusan akibat tidak memiliki saudara kandung yang bisa diajak bertukar pikiran ketika berada di rumah. Namun kondisi tersebut secara perlahan bisa diubah dengan kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Sisi lain dari kelemahan anak tunggal yaitu selalu kesepian sebab tidak memiliki teman ketika berada dirumah selain orangtua. Dengan kondisi tersebut maka anak tunggal cenderung terlihat lebih pendiam akan tetapi lebih banyak melakukan hal-hal yang bersifat positif.

Orangtua cenderung akan lebih protektik dan lebih sering cema. Kondisi tersebut mengakibatkan orangtua memiliki banyak campur tangan dalam hal pergaulan dan interaksi anak. Sehingga tidak jarang jika anak tunggal berontak untuk menegaskan bahwa mereka baik-baik saja.

Dalam memdidik anak tunggal sebaiknya Anda menerapkan pola asuh yang tidak terlalu mengekang sehingga proses tumbuh kembang secara psikologis tidak akan terganggu. Berikan kepercayaan dan keleluasaan bagi anak untuk bertindak. Dalam hal ini Anda hanya berperan sebagai pemantau dan memberikan saran ketika tindakan anak melenceng.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517