Ciri-ciri Kanker Rahim Pada Wanita

Rahim adalah salah satu bagian yang penting dalam sistem reproduksi wanita. Menjaga kesehatan rahim sangat penting untuk menunjang sistem reproduksi yang sehat dan mencegah berbagai macam penyakit yang biasa menyerang organ tersebut. Salah satu penyakit yang biasa menyerang organ tersebut yaitu kanker rahim.

Kanker rahim merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh wanita karena penyakit ini sangat mematikan. Kanker rahim menyerang bagian organ intim wanita yaitu pada bagian leher rahim dan bagian dalam rahim. Kanker rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim.

Ciri kanker rahim

Pada kebanyakan kasus, kanker rahim tidak terdeteksi sejak awal. Biasanya kanker tersebut banyak diketahui ketika gejalanya sudah parah atau memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu, penyakit ini perlu diwaspadai sejak awal untuk mencegah berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Berikut Ini Beberapa Tanda Atau Ciri-Ciri Kanker Serviks Pada Wanita

Adanya keputihan

Keputihan memang hal yang wajar dan paling umum terjadi pada wanita. Akan tetapi apabila keputihan tersebut bersifat patologis maka perlu diwaspadai. Keputihan yang bersifat abnormal bisa menjadi salah satu pertanda adanya gangguan pada salah satu bagian organ reproduksi. Keputihan yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan disertai bau busuk merupakan salah satu gejala awal dari kanker rahim. Oleh karena itu Anda perlu mewaspadai gejala tersebut sebelum kondisinya benar-benar parah.

Terasa sakit pada bagian pelvis

Rasa sakit pada bagian pelvis bisa menjadi salah satu gejala adanya penyakit kanker serviks. Biasanya rasa sakit tersebut bertahap, dari mulai yang ringan sampai yang benar-benar parah dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Gejala tersebut tidak boleh dibiarkan karena bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker rahim.

Adanya pendarahan yang abnormal

Pendarahan yang terjadi pada organ intim secara tidak wajar harus diwaspadai karena bisa menjadi salah satu gejala awal adanya kanker rahim. Adanya darah yang keluar setelah berhubungan intim atau diluar jadwal menstruasi harus segera dilakukan pemeriksaan untuk mencegah kanker rahim yang semakin parah.

Kesulitan dalam buang air kecil atau frekuensi buang air kecil meningkat

Bagi wanita yang sering mengalami kesulitan dalam buang air kecil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Gejala seperti ini harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda adanya kanker rahim. Selain itu, ciri kanker rahim yang lainnya yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil. Oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan gangguan kesehatan tersebut.

Sistem kekebalan tubuh yang menurun

Seperti yang kita ketahui bahwa kanker rahim diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Orang yang terkenan kanker rahim biasanya akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit yang lainnya. Gejala ini harus secepatnya mendapatkan penangan dokter sebelum kondisi tersebut semakin parah.

Demikian ciri-ciri penyakit kanker rahim yang perlu Anda waspadai sejak dini supaya bisa dilakukan penanganan lebih cepat. Untuk mencegah penyakit tersebut sebaiknya Anda mengkonsusmi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517