Ciri Ciri Bayi Anda Sudah Lelah

Dalam merawat bayi, Anda dituntut untuk memahami sikap dan bahasa tubuhnya. Pada dasarnya bayi belum memiliki kemampuan untuk mengutarakan apa yang dirasakan melalui ucapan. Biasanya bayi hanya menunjukan gerakan-gerakan dan bahasa isyarat. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus mengerti dan menguasai gerak tubuh bayi ketika menginginkan sesuatu ataupun merasa tidak nyaman. Salah satu bahasa isyarat yang mudah dikenali yaitu tangisan sebagai bentuk perasaan tidak nyaman atau lapar.

Ketiika Anda mengajak bayi bermain terkadang sampai lupa waktu dan tidak menyadari kalau bayi sudah kelelahan. Dalam hal ini Anda harus lebih peka untuk mengenali ciri-ciri bayi yang merasa lelah. Semakin cepat mengenali ciri-ciri tersebut maka semakin cepat juga untuk membantu bayi beristirahat. Apabila tindakan Anda lambat maka bayi akan terlanjur rewel dan butuh waktu untuk membuatnya kembali beristirahat.

Berikut Ciri-ciri Bayi Merasa Lelah

Bahasa isyarat yang ditunjukan oleh bayi ketika merasa lelah terkadang sulit dikenali dan dimengerti oleh pasangan suami istri yang baru pertama kali mempunyai anak. Berikut beberapa ciri bayi merasa lelah yang bisa Anda pahami.

  • Mata bayi terlihat sayu dengan tatapan kosong.
  • Bayi lebih rewel dan merengek tanpa henti.
  • Ketika Anda mendekatinya maka bayi akan memalingkan pandangan.
  • Kedua tangannya dikepalkan dan ditempelkan pada pipi.
  • Menggeliat ke depan dan ke belakang. Bayi terlihat seperti sedang gelisah sehingga tubuhnya tidak bisa diam.
  • Pergerakan tangan dan kakinya tidak beraturan.
  • Terlihat gelisah dan mengisap jari.
  • bayi menguap secara terus menerus.

Menangani Bayi Yang Lelah

Ketika Anda menemukan beberapa ciri seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya Anda segera melakukan penanganan dengan cepat supaya bayi kembali merasa nyaman. Berikut cara untuk menangani bayi yang lelah.

  • Pastikan apakah bayi lapar atau popoknya basah. Jika dua hal tersebut faktor penyebabnya maka segera tangani dengan baik supaya bayi kembali merasa nyaman dan tidak rewel.
  • Apabila sedang bermain, maka segera hentikan semua aktivitas tersebut kemudian gendong bayi sehingga dia merasa nyaman dan tenang. Suasana yang nyaman akan membuat bayi tertidur.
  • Namun apabila bayi tidak mau tidur, Anda cukup dengan menggendongnya supaya bayi merasa lebih tenang dan menghentikan tangisannya.
  • Ajaklah bayi ke tempat yang sunyi untuk membuatnya lebih tenang dan nyaman.

Bayi akan menunjukan ciri-ciri dengan intensitas yang lebih sering apabila Anda tidak segera merespon hal tersebut. Pada awal-awal mungkin bayi hanya merengek pelan, namun lama kelamaan akan menangis sambil menjerit. Nah, jika hal itu terjadi pada bayi Anda maka sebaiknya segera gendong untuk membuatnya tenang. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua dituntut lebih peka untuk merespon setiap kondisi yang membuat bayi merasa tidak nyaman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517