Cemilan Yang Baik Untuk Anak

Anak-anak biasanya lebih suka mengkonsumsi makanan ringan dibandingkan dengan makanan utama yang mengandung banyak gizi. Hal ini tentunya kurang baik bagi pertumbuhan anak karena cemilan pada umumnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Bahkan beberapa cemilan bisa membahyakan kesehatan anak karena mengandung pewarna dan pemanis buatan. Dalam memberikan cemilan untuk anak sebaiknya Anda lebih selektif. Cemilan yang diberikan untuk anak harus amandari zat berbahaya serta mengandung nutrisi untuk kebaikan tubuh anak.

Cemilan tidak selamanya membentuk kebiasaan jelek apabila cemilan yang dikonsumsi memiliki kategori yang sehat. Pilihan menu cemilan yang tepat akan bermanfaat dalam melengkapi kebutuhan nutrisi dan menunjang kesehatan tubuh. Hindari cemilan yang mengandung MSG berlebih, pewarna dan pemanis buatan. Pilihlah cemilan yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan anak dalam masa pertumbuhannya.

Cemilan Sehat Untuk Anak

Menu Cemilan Sehat Untuk Anak

  1. Biskuit gandum dan sereal

Cemilan yang berbahan dasar gandum bisa menjadi salah satu alternative cemilan sehat untuk anak. Gandum mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, zat besi, protein, magnesium dan serat. Cemilan dari gandum bermanfaat untuk mendukung perkembangan motorik dan otak anak. Kandungan vitamin dans erat pada gandum berguna untuk memberikan energi bagi anak dan membantu menstabikan kadar gula dalam darah. Selain itu kanduingan zinc, vitamin E dan B serta kalium berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja dan fungsi otak.

  1. Keripik buah atau sayur

Anak-anak biasanya sangat sulit untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Mereka beranggapan bahwa sayuran itu pahit dan tidak enak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menyiasati dengan mengolah buah dan sayur menjadi cemilan sehat yaitu keripik. Rasa keripik yang enak dan renyah akan membuat anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya. Cemilan yang satu ini bisa dibuat sendiri dirumah atau membelinya ditoko makanan. Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli cemilan keripik untuk anak yaitu jangan yang menggunakan pemanis atau pewarna buatan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Salah satunya yaitu mengandung vitamin E dan antioksidan. Cemilan yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang Anda berikan untuk anak. Kandungan nutrisi dari kacang sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak anak dan memberikan energi untuk anak.

Anda bisa memberiikan kacang almond untuk anak sebagai cemilan di sela-sela jadwal makanan pokok. Kandungan nutrisi dari kacang almond seperti vitamin B, triptofan dan magnesium berguna untuk membantu tumbuh kembang anak. Selain kacang almond, Anda juga bisa memberikan jenis kacang lain untuk anak seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang mede dan jenis kacang yang lainnya.

  1. Keju dan yoghurt

Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan anak. Seperti yang kita tahu bahwa susu merupakan sumber vitamin dan protein. Keju dan yoghurt bisa Anda berikan sebagai cemilan bagi anak-anak. Keju dan susu bisa Anda campurkan dengan roti gandum atau sereal supaya anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

  1. Buah-buahan

Buah adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Maka dari itu, Anda bisa memilih buah sebagai cemilan sehat untuk anak. Supaya anak lebih tertarik sebaiknya Anda berkreasi untuk membuat cemilan dari buah. Salah satunya yaitu dengan membuat pisang keju atau pisang caramel atau coklat. Dengan begitu anak akan lebih berselera untuk mengkonsumsi makanan tersebut sehingga meminimalisir kebiasaan anak untuk jajan di luar rumah.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan buah secara langsung pada anak seperti buah berry yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak pada masa pertumbuhannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517