Cemilan Sehat MPASI: Resep Cake Jeruk Kurma

Dalam memilih cemilan untuk anak sebaiknya Anda lebih selektif dan memperhatikan kandungan gizinya. Karena bagaimanapun setiap makanan yang dikonsumsi oleh anak akan berpengaruh terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh si kecil hendaknya memiliki kandungan gizi seimbang. Untuk mengontrol hal tersebut sangat disarankan bagi Anda untuk membuat sendiri cemilan tersebut.

Cemilan yang Anda buat sendiri tentunya lebih terjamin dari segi kandungan gizi, keamanan dan kebersihannya. Membuat sendiri cemilan untuk anak bukan perkara yang sulit jika Anda mengetahui resepnya. Nah, maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan berbagi resep dan cara membuat cake jeruk kurma untuk cemilan sehat si kecil.

Berikut Resep dan Cara Membuat Cake jeruk dan Kurma

Resep Cake Jeruk Kurma

Bahan yang diperlukan:

  • 4 butir telur
  • 5 kuning telur
  • 10 butir kurma (cincang halus)
  • 1 buah jeruk manis (parut kulitnya dan ambil air perasannya)
  • 170 gram gula pasir
  • 225 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 90 gram margarine (lelehkan)
  • 1 sdm terigu (untuk pelapis kurma)

Cara membuat cake jeruk kurma:

  1. Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir hingga mengental. Masukkan tepung terigu dan baking powder. Lalu aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air jeruk, parutan kulit jeruk dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata. Kemudian masukkan irisan buah kurma yang telah diaduk dengan terigu.
  3. Tuangkan ke dalam Loyang yang sudah diolesi margarine cair. Panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat hingga matang.
  4. Angkat dan dinginkan. Potong-potong dan taburi dengan gula bubuk yang diayak. Sajikan untuk anak.

Buah kurma mengandung vitamin B kompleks, kalsium, vitamin E, zat besi, potassium dan magnesium yang bermanfaat untuk sumber energi yang mendukung pertumbuhan si kecil. Selain itu, manfaat buah kurma yaitu untuk mencegah penyakit anemia dan menjaga kesehatan fungsi otak.

Sedangkan buah jeruk sangat tinggi akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menstimulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu buah jeruk juga mengandung tiamin (vitamin B1) yang berguna untuk proses metabolisme yaitu mengubah karbohidrat menjadi energi dan meningkatkan daya ingat anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517