Cegah Lemas Saat Puasa Dengan Konsumsi Minuman Sehat Ini

Bagi umat muslim puasa Ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalani selama sebulan penuh tentunya. Dalam berpuasa kita tidak bolah makan dan minum dari mulai waktu terbit fajar hingga terbenam matahari atau magrib. Hal ini tentunya akan membuat badan terasa lemas terlebih lagi jika banyak sekali kesibukan pada siang hari yang harus dijalani. Dalam hal ini sangat penting untuk menerapkan metode sehat sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat tanpa lelah yang berlebihan. Lelah, haus dan lapar pada waktu puasa pasti akan dirasakan oleh setiap orang yang menjalankannya dan hal ini termasuk sesuatu yantg lumrah sekali. Namun, jika Anda ingin menjalankan ibadah puasa dengan bugar tentunya harus bisa memperhatikan pola makan yang benar. Salah satunya dengan konsumsi makanan dan minuman sehat saat sahur.

Selama menjalankan ibadah puasa sebaiknya tidak mengabaikan asupan makanan yang bergizi pada waktu sahur dan berbuka. Jika asupan nutrisi terpenuhi maka tentunya kita akan bisa menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan bugar tanpa kelelahan yang berlebihan. Asupan makanan bergizi dan minuman sehat saat puasa memang sangat penting. Pada waktu sahur sebaiknya perhatikan porsi makan dan yang paling penting adalah kandungan gizi dari makanan tersebut.

Jangan menyepelekan pentingnya asupan makanan yang bergizi dan juga minuman yang sehat selama puasa. Hal ini karena dengan asupan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka puasa tentunya akan menjaga kebugaran selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Lalu apa saja jenis minuman sehat yang bisa mengatasi lelah berlebihan saat puasa? Berikut ini simak penjelasannya!

Jenis Minuman Sehat Untuk Mencegah Lelah Saat Puasa

  1. Jus Buah dan Sayuran

Jus merupakan salah satu jenis minuman sehat yang baik untuk tubuh. Nah, saat menjalankan ibadah puasa tentunya tubuh akan mengalami banyak sekali kehilangan cairan karena tidak minum seharian. Akibatnya tubuh akan mudah lelah dan lemas sehingga malas untuk beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya konsumsi jus buah dan sayur ketika sahur atau berbuka. Namun perlu diingat bahwa jus yang Anda konsumsi sebaiknya jangan terlalu banyak gula. Akan lebih baik jika tanpa gula sehingga lebih sehat untuk tubuh.

Pengaturan minum jus pada waktu sahur dan berbuka memang sangat penting. Konsumsi jus buah dengan rasa yang tidak terlalu asam seperti jus buah alpukat, jus pisang, jus wortel, jus pepaya dan lainnya. Jika dikonsumsi dengan tepat maka hal ini akan membantu menjaga kebugaran tubuh pada siang hari. Dengan begitu maka tubuh akan terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

  1. Air Putih

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup ketika sahur, berbuka dan sebelum tidur. Dengan pengaturan pola minum air putih yang tepat tentunya akan sangat membantu menjaga cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Jangan mengabaikan pentingnya minum air putih yang cukup selama berpuasa (ketika sahur dan berbuka).

  1. Air Kelapa

Selanjutnya yaitu mengkonsumsi air kelapa untuk menjaga atau menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Air kelapa akan sangat menyegarkan untuk diminum pada waktu berbuka puasa. Namun ingat jangan mengkonsumsi air kelapa dengan campuran es dalam keadaan perut masih kosong. Es kelapa muda memang menyegarkan untuk mengatasi haus setelah seharian berpuasa, namun jika hal ini dilakukan berulang-ulang tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Air kelapa tanpa es akan lebih baik untuk perut.

Air kelapa bisa dikatakan sebagai elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Hal ini juga bisa membantu mengembalikan kebugaran tubuh sehinggta tetap fit dan sehat untuk menjalankan ibadah puasa.

Itulah beberapa jenis minuman sehat yang direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengatasi kelelahan selama berpuasa. Penuhi asupan makanan yang bergizi dan konsumsi minuman yang sehat ketika sahur dan berbuka maka tubuh akan senantiasa sehat. Memenuhi asupan nutrisi selama berpuasa memang penting guna menjaga kesehatan tubuh. Jangan sesekali mengabaikan pentingnya makanan bergizi pada waktu berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa  bagi kaum muslim, semoga berkah!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517