Cara Untuk Meredakan Rasa Nyeri Ketika Bayi Tumbuh Gigi

Gigi pada bayi akan mulai tumbuh ketika menginjak usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi pertama pada bayi biasanya akan membuat bayi kesakitan dan menjadi rewel. Selain itu, bayi akan mengalami demam rendah dan terjadi pembengkakan pada gusi. Kondisi tersebut kadang membuat para orangtua kebingungan karena bayi menjadi tidak mau makan. Untuk mengatasi hal tersebut, penting sekali bagi Anda mengetahui jenis makanan yang cocok bagi bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi.

Cara Untuk Meredakan Rasa Nyeri Ketika Bayi Tumbuh Gigi

Ada Beberapa Jenis Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rasa Nyeri Ketika Bayi Tumbuh Gigi

Pisang

Salah satu jenis makanan yang bisa anda berikan untuk bayi dalam meredakan rasa nyeri ketika tumbuh gigi adalah pisang. Buah pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Selain itu, kandungan nutrisi buah pisang akan membantu melengkapi kebutuhan gizi bayi karena mengandung kalori yang tinggi, serat dan gula alami.

Buah alpukat

Seperti halnya buah pisang, alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Alpukat akan membantu meredakan rasa nyeri akibat tumbuh gigi sehingga bayi akan merasa nyaman dan tidak rewel.

Mentimun

Keluhan rasa nyeri akibat tumbuh gigi sering dirasakan oleh bayi dan hal tersebut ditandai dengan bayi yang menjadi rewel dan memasukan jarinya ke mulut. Anda bisa membantu mengatasi rasa nyeri pada bayi akibat tumbuh gigi dengan cara memberinya mentimun. Manfaat dari mentimun yaitu akan meningkatkan air liur dan menetralkan asam basa di dalam mulut bayi sehingga meredakan rasa nyeri akibat tumbuh gigi.

Wortel

Untuk meredakan rasa nyeri ketika bayi tumbuh gigi, Anda bisa memberikan sayuran berupa wortel. Penyajiannya yaitu dengan cara dipotong kecil-kecil dan direbus. Hal ini untuk memudahkan bayi dalam menggigit.

Melakukan pijatan lembut pada gusi bayi

Selain dengan memberikan makanan yang bisa meredakan rasa nyeri, anda juga bisa melakukan pijatan lembut dan tekanan pada gusi bayi. Pijatan lembut akan membuat bayi merasa tenang dan tidak kesakitan. Sebelum melakukan pijatan, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih supaya tidak ada kuman yang bisa membahayakan kesehatan gusi bayi.

Berikan mainan khusus untuk digigit

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membantu meredakan rasa sakit pada bayi akibat tumbuh gigi yaitu dengan memberikan mainan yang bisa digigit. Dengan menggigit sesuatu maka bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman. Akan tetapi sebelum memberikan mainan tersebut, pastikan terlebih dahulu keamanan dan kebersihannya.

Kompres dengan es

Menggunakan es untuk meredakan rasa nyeri merupakan salah satu cara yang ampuh. Caranya yaitu dengan menggosokan es dengan pelan-pelan pada gusi bayi. Rasa dingin es bisa menenangkan bayi dari rasa sakit.

Related Posts

Share This