Cara Untuk Mengenali Masa Subur

Menentukan atau mengetahui masa subur merupakan suatu cara untuk menentukan kehamilan. Masa subur mempunyai peranan atau ikut berperan mempercepat memperoleh kehamilan pada seorang wanita. Masa subur pada pria yaitu ketika kondisi sel sperma dalam kondisi terbaik untuk dapat membuahi sel telur. Masa subur pada pria datang setiap pagi dan musim dingin yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sperma. Secara umum, perubahan musim dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Pada musim dingin pria akan menjadi lebih subur karena suhu yang dingin akan mempengaruhi produksi sperma. Pada suhu dingin produksi sperma akan meningkat, sedangkan pada musim panas akan berkurang. Begitupun pada pagi hari karena suhu udara yang dingin maka produksi sperma menjadi meningkat.

Mengenali Masa Subur

Sedangkan masa subur pada wanita yaitu keadaan ovum (sel telur) siap untuk dibuahi atau matang. Siklus masa subur wanita dating pada saat siklus haid berakhir dengan masa ovum 12 sampai 24 jam. Ada beberapa cara untuk mengetahui dan menghitung masa subur dari seorang wanita, yaitu:

  • Metode kalender ogino knaus, metode ini dilakukan dengan cara menghitung siklus haid terpanjang dan terpendek selama 6 sampai 12 hari terakhir dikurangi 18 hari. Siklus haid terpendek dilakukan untuk mengetahui awal dari masa kesuburan dan siklus terpanjang untuk mengetahui akhir masa kesuburan. Biasanya wanita yang haidnya teratur akan menggunakan metode ini.
  • Metode kalender tabel, caranya yaitu dengan melihat siklus haid secara rutin. Jika siklus haid pertama pada tanggal 01 januari maka siklus kedua akan terjadi pada tanggal 03 februari, berarti panjang siklus haid adalah 33 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke-19 sejak awal menstruasi dibulan ke-2, yaitu pada tanggal 22 februari, masa suburnya terjadi satu hari sebelum masa ovulasi.
  • Metode kalender masa subur dan prasubur, masa subur dihitung dari hari terakhir haid +13 hari dan masa prasubur itu adalah tiga hari sebelum masa subur atau tiga hari setelah masa subur.

Selain dengan metode kalender diatas, masa subur seorang wanita juga dapat diketahui dari adanya perubahan lendir pada daerah kewanitaan, perubahan lendir ini terjadi karena dipicu oleh produksi hormon estrogen, adanya rasa nyeri pada bagian perut bawah serta suhu badan jadi meningkat dari biasanya. Selain itu wanita yang sedang dalam masa subur lendir serviksnya akan lebih encer yang mirip dengan putih telur. Selama masa subur, wanita juga akan mengalami perubahan emosi yaitu menjadi lebih moody, hal ini karena dipicu oleh produksi hormon yang lebih tinggi. Hasrat seksualnya pun meningkat serta bibir kelaminnya membengkak yang disebabkan oleh peningkatan hormon reproduksi didalam tubuhnya.

Related Posts

Add Comment

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517