Cara Untuk Mengatasi Pengaruh Hormon Kehamilan

Pada periode awal kehamilan akan terjadi peningkatan hormon di dalam tubuh ibu hamil. Adanya pengaruh hormon dan kondisi rahim yang kian membesar akan menyebabkan gangguan usus. Kondisi tersebut biasanya akan menimbulkan beberapa keluhan pada ibu hamil seperti mual dan muntah-muntah. Keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil adalah keadaan yang normal dan bukan merupakan suatu penyakit. Supaya tidak khawatir ketika mengalami permasalahan tersebut sebaiknya ibu hamil mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Untuk Mengatasi Pengaruh Hormon Kehamilan

  • Mual dan muntah

Mual dan muntah-muntah disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang mengakibatkan asam lambung meningkat sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa mengatur pola makan dengan cara sering makan tapi porsi sedikit. Hal ini bertujuan supaya produksi asam lambung tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih untuk menjaga asupan cairan dan menghidari dehidrasi akibat banyak cairan yang terbuang ketika muntah.

  • Kepala pusing

Rasa pusing dikepala yang biasa dirasakan oleh ibu hamil disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat sehingga mengakibatkan pembuluh darah melebar serta otot-otot mengendur dan tekanan darah turun. Rasa pusing yang Anda rasakan ketika hamil bisa diatasi dengan cara menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih.

  • Rambut rontok

Ibu hamil seringkali mengalami masalah dengan rambut rontok. Pengaruh hormon progesteron dan estrogen merupakan penyebab rambut menjadi patah dan rontok ketika hamil. Mengatasi hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi makanan yang bisa menguatkan rambut seperti sayuran, susu dan ikan. Selain itu, selama hamil jangan terlalu sering menyisir rambut dan gunakan shampoo yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

  • Payudara sakit dan bengkak

Pada waktu hamil, tubuh akan menghasilkan hormon untuk memproduksi ASI. Hormon tersebut dihasilkan oleh plasenta. Akibat dari produksi ASI pada waktu hamil, payudara akan membesar dan terasa membengkak yang disertai rasa sakit apabila disentuh. Hal ini kadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memakai ukuran bra yang disesuaikan dengan perubahan ukuran payudara dan jangan memberikan stimulasi atau sentuhan berlebih pada payudara.

  • Wajah berjerawat

Meningkatnya hormon progesteron pada waktu hamil akan memicu produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada area wajah. Hal tersebut menyebabkan bayak kotoran yang akan menempel dan menyumbat pori-pori kulit sehingga timbul jerawat. Wajah berminyak pada waktu hamil bisa Anda atasi dengan rutin membersihkan wajah dan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak.

  • Susah buang air besar (sembelit)

Peningkatan hormon progesteron ketika hamil akan membuat gerak peristaltik pada usus terhambat sehingga hal tersebut akan menyebabakan sisa makanan tertahan di usus dan mengakibatkan sembelit.

Untuk memperlancar sistem pencernaan selama hamil bisa Anda lakukan dengan membiasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya dan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Related Posts

Share This