Cara Untuk Mengatasi Kelelahan Menjelang Proses Persalinan

Kehamilan trimester ketiga merupakan saat yang sangat membahagiakan sekaligus mendebarkan. Hal ini karena waktu yang ditunggu-tunggu untuk segera menimbang bayi akan segera tiba. Akan tetapi disamping itu, perasaan cemas dan takut terkadang menghantui pikiran ibu hamil, terlebih bagi wanita yang baru pertama kali menghadapi proses persalinan. Maka dari itu, menjelang persalinan dibutuhkan persiapan mental yang kuat supaya proses persalinan akan berjalan lancar dan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat.

Cara Untuk Mengatasi Kelelahan Menjelang Proses Persalinan

Menjelang persalinan biasanya ibu hamil akan mudah merasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Kondisi tersebut diakibatkan oleh pertumbuhan janin di dalam kandungan yang semakin membesar sehingga ibu hamil akan mengalami petambahan berat badan. Kelelahan pada kehamilan tahap akhir merupakan hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi supaya tetap merasa nyaman sebaiknya Anda mengetahui cara untuk mengatasi kelelahan tersebut.

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Kelelahan Menjelang Proses Persalinan

Luangkan waktu untuk beristirahat pada siang hari. Bagi ibu hamil yang sedang menjalani kehamilan pada tahap akhir sebaiknya memiliki jadwal untuk istirahat pada siang hari. Istirahat pada siang hari tidak harus tidur, akan tetapi ibu hamil bisa duduk santai atau berbaring untuk merelaksasi pikiran. Apabila pikiran tenang maka Anda tidak akan merasa kelelahan.

Melakukan olahraga khusus ibu hamil. Kebanyakan wanita biasanya merasa malas untuk berolahraga pada waktu hamil, apalagi usia kehamilan yang sudah semakin besar. Padahal dengan rutin berolahraga akan membantu mengurangi kelelahan. Anda bisa mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil seperti yoga. Manfaat dari yoga akan membuat pikiran tenang sehingga bisa mengatasi perasaan lelah selama menjalani kehamilan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah, salah satunya yaitu olahraga jalan kaki santai. Rutin berolahraga selama hamil akan memberikan dampak posistif bagi kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Hal ini karena jenis makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Pada waktu hamil, sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan. Kandungan vitamin C pada buah-buahan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh Anda selama hamil dan juga janin di dalam kandungan. Selain itu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dan janin yang ada di dalam kandungan. Mengkonsumsi makanan bergizi akan memberikan energi selama masa kehamilan sehingga ibu hamil akan terhindar dari rasa lelah.

Membuat jadwal istirahat. Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar menjelang proses persalinan, ibu hamil harus mempunyai jadwal istirahat yang teratur. Manfaat dari istirahat secara teratur akan menghindarkan ibu hamil dari rasa kelelahan dalam mempersiapkan kondisi tubuh menjelang proses persalinan.

Related Posts

Share This