Cara Tidur Nyenyak Dengan Menghindari Kebiasaan Ini

Bagaimana cara tidur nyenyak? Tidur merupakan salah satu aktivitas wajib pada malam hari untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai macam aktivitas. Pola tidur sangat menentukan kesehatan tubuh. Jika waktu tidur cukup maka hal ini akan membuat tubuh senantiasa dalam keadaan bugar dan terhindar dari berbagai risiko gangguan kesehatan. Sebaliknya jika pola tidur Anda berantakan maka hal ini akan mengakibatkan gangguan kesehatan secara fisik dan mental. Bahkan akibat pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan stress dan tidak bisa berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan.

Pola tidur setiap orang memang berbeda-beda. Selain itu, setiap orang memiliki aktivitas atau kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur. Salah satu contohnya pada era modern seperti saat ini banyak orang yang memiliki kebiasaan bermain gadget hingga larut malam atau makan dan merokok. Apakah kebiasaan tersebut sehat? Sebenarnya aktivitas tersebut tidaklah dianjurkan dilakukan sebelum tidur karena bisa mempengaruhi kualitas tidur. Bahkan bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda.

Inilah Cara Tidur Nyenyak Dengan Menghindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

  1. Jangan Biasakan Menggunakan Alat Elektronik

Nampaknya sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi jika pada era modern seperti saat ini banyak orang yang sudah memiliki peralatan elektronik yang serba canggih. Salah satunya yaitu telepon genggam atau gadget. Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur. Bahkan tidak sedikit yang bermain gadget hingga ketiduran. Sebenarnya kebiasaan ini tidak lah baik untuk kesehatan dan bisa menyebabkan pola tidur berantakan. Selain itu menonton tv ataupun menyalakan laptop sebelum tidur bisa turut mempengaruhi kualitas tidur. Penggunaan alat elektronik sebelum tidur bisa mempengaruhi hormone melatonin sehingga menyebabkan kualitas tidur terganggu.

  1. Makanan Makanan Pedas atau Berlemak

Sebelum tidur sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak dan pedas. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan kualitas tidur Anda menurun. Bahkan jenis makanan tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik sehingga berisiko terhadap kesehatan Anda.

  1. Minum Kopi

Kandungan kafein pada kopi akan mempengaruhi hormone tidur sehingga tidak jarang setelah minum kopi akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Sebaiknya hidari kebiasaan ini untuk kesehatan Anda di masa sekarang dan akan datang.

  1. Minum Minuman Beralkohol dan Merokok

Kebiasaan ini memang tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya dilarang sebelum tidur, namun kebiasaan ini juga sangat tidak dianjurkan dilakukan dalam keseharian. Mulai saat ini sebaiknya jauhi kebiasaan buruk seperti ini sebelum akhirnya mengakibatkan dampak buruk untuk kesehatan Anda.

  1. Minum Terlalu Banyak

Jangan minum terlalu banyak sesaat sebelum tidur karena akan mengganggu kualitas tidur Anda. Mengapa demikian? Hal ini karena minum terlalu banyak bisa membuat Anda ingin ke kamar kecil terus. Tentunya mengganggu kenyamanan dan Anda lebih sering terbangun di malam hari.

Demikian beberapa cara tidur nyenyak pada malam hari. Hindari kebiasaan tersebut supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Pola tidur yang teratur akan membuat kehidupan Anda semakin sehat dan berkualitas. Dengan begitu maka akan lebih bersemangat untuk beraktivitas pada esok harinya.

Cara lain untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh beberapa jam sebelum tidur. Idealnya Anda makan malam sekitar 2 jam sebelum tidur. Dengan begitu tidur Anda akan lebih nyenyak dan tubuh pun senantiasa sehat. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik!

Related Posts

Share This