Cara Tepat Turunkan Panas Tinggi Pada Anak

Ketika anak panas tinggi, pastinya bunda akan berusaha agar demam yang di alami si kecil cepat turun dengan berbagai cara di lakukan. Nah, dalam laporan terbaru dari jurnal Persatuan Dokter Anak Amerika, terkait demam yang terjadi pada si kecil, bahwa sebaiknya bunda berkonsentrasi yang lebih tinggi agar membuat si kecil merasa nyaman dan aman ketika ia demam dibandingkan berkonsentrasi untuk menurunkan suhu tubuhnya. Mengapa? Dikarenakan penyebab anak panas tinggi sangatlah beragam, dan usaha untuk menurunkan panas pada si kecil hanya bisa memperlambat kesembuhan.

Ada beberapa hal yang penting untuk bunda ketahui mengenai panas tinggi pada anak atau demam, demam bukanlah satu jenis penyakit yang utama, karena demam merupakan satu reaksi tubuh yang alami ketika adanya penyakit di dalam tubuh kita. Bukan hanya itu, anak panas tinggi juga bisa merupakan satu pertanda bahwa tubuh si kecil sedang melawan sejumlah infeksi dikarenakan suhu tubuh yang tinggi tersebut mampu memperlambat tumbuhnya bakteri ataupun virus.

panas tinggi pada anak

Oleh karena itu, ketika usaha bunda untuk menurunkan panas pada si kecil salah, maka bisa memperpanjang masa sakit si kecil. Dan hal ini pastinya berbeda dengan pendapat orangtua sebelumnya, bahwa demam atau panas terhadap anak bisa memperburuk suatu kondisi penyakit ataupun bisa berdampak buruk jika di lihat secara umum terhadap anak-anak mereka.

Bukan hanya itu, banyak juga diantaranya orangtua terutama bunda yang mencemaskan terjadinya kejang demam pada si kecil. Dan nyatanya obat penurun panas tidak terbukti mampu mencegah terjadinya kejang demam. Jika terjadi, kejang demam ini biasanya terjadi karena naiknya suhu tubuh si kecil yang pesat ketika di tahapan awal terjadinya infeksi, hal ini terjadi ketika bunda belum menyadari bahwa si kecil atau bayi panas tinggi.

Ketika terjadi panas tinggi pada anak, maka biarkan si kecil untuk beristirahat. Bunda bisa memberikannya obat ketika si kecil terbangun dari tidurnya, jangan sampai bunda mengganggu waktu istirahatnya. Bunda juga harus berhati-hati ketika memberikan obat kepada si kecil, bunda juga harus memastikan kalau dosis yang diberikan sesuai dengan aturan pakai untuk si kecil.

Jika demam yang di alami si kecil mencapai 38,5 derajat celcius, maka bunda harus segera membawa si kecil ke dokter untuk di tindaklanjuti. Walaupun demikian, bunda jangan hanya terfokuskan pada angka yang ada di thermometer. Satu hal yang harus bunda perhatikan, obat penurun panas sebaiknya bunda berikan kepada si kecil sebagai bantuan untuk membuat si kecil merasa nyaman ketika panasnya tinggi. Namun jika si kecil tetap tenang dan tidak rewel walau dalam keadaan tenang, maka bunda tidak harus memberikannya obat penurun panas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517