Cara Tepat Meraway Bayi Baru Lahir

Berapa kali sehari si, bayi baru lahir harus di mandikan? Lalu, kenapa bokongnya kerap berwarna merah? Apakah penting bunda membersihkan lidah bayi baru lahir? Nah, apakah bunda ingn tahu jawabannya? Yuk mari kita simak jawaban dari para ahli mengenai pertanyaan yang kerap bunda lontarkan.

Merawat bayi baru lahir memang bukanlah satu pekerjaan yang mudah. Padahal jika tidak di rawat dengan cara yang benar dan kebersihan yang tetap terjaga, maka tubuh si kecil akan rentan terhadap penyakit. Lantas, bagian tubuh yang mana saja yang penting untuk di rawat serta di jaga kebersihannya oleh bunda? Berikut ini ada beberapa cara merawat bayi baru lahir yang penting untuk bunda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

perawatan bayi baru lahir

TALI PUSAT

Perawatan terhadap tali pusar bayi yang baru lahir merupakan satu hal yang harus di perhatikan bunda dengan baik, karena daerah tali pusar merupakan daerah yang mudah terkena infeksi. Jika tali pusar bayi yang belum putus tidak sengaja terkena air ketika ia di mandikan, maka bunda bisa membersihkannya atau mengeringkannya dengan catton buds atau kasa yang seteril. Ingat! Bunda jangan pernah membubuhi ramuan dalam bentuk apapun pada pangkal tali pusar. Untuk perawatan lati pusar, tidak di anjurkan untuk menggunakan alkohol, perawatan tali pusar cukup menggunakan air matang dan biarkan tali pusar tetap terbuika. Dan usahakan tali pusar tetap dalam keadaan kering, untukmengeringkannya bunda bisa menggunakan tisu atau bahkan kain kasa yang steril.

MATA

Pada mata terdapat dumber air mata yang terletak tepat di atas mata. Setiap 3 detik, sumber mata ini akan mengeluarkan air mata, yang setelah itu mengalir ke saluran yang berada di ujung tengah mata dekat hidung. Pada bayi yang baru lahir, karena di dalam kandungania belum pernah menangis, maka sumber mata yang ada di dalam mata belum berproduksi dengan baik. Jadi saluran yang ada di dalam masih tertutup. Oleh karena itu, bunda perlu memijat bagian sudut mata si kecil dengan menggunakna jari yang tidak memiliki kuku panjang, atau bahkan bunda juga bisa menggunakan cotton buds yang telah di basahi dengan air matang. Bunda bisa memijat dengan lembut dari arah sudut mata ke bahaw dank e arah hidung, lakukan hal ini selama 5-10 kali. Untuk membersihkan kotoran mata, bunda bisa menggunakan kapas yang steril yang telah di basahi oleh air matang.

KULIT

Bagian kulit manusia baik orang dewasa ataupun bayi baru lahir memang harus di bersihkan, karena kulit merupakan makanan mepuk bagi kuman-kuman yang berada di kulit. Untuk bayi baru lahir, minimal harus di mandikan sehari satu kali, dikarenakan bayi baru lahir belum terlalu tahan terhadap dingin. Agar kulit si kecil tetap lembab serta terhindar dari keringat, maka bunda juga bisa menambahkan baby oil yang memiliki kandungan Vitamin E.

Nah, untuk mencegah terjadinya biang keringat, maka bunda bisa mengatur temperature ruangan atau kamar si kecil senyaman mungkin. Jangan sampai si kecil merasa kepanasan.

KULIT KEPALA

Yang paling menjengkelkan namun tidak berbahaya yaitu cradle crap, atau kerak yang ada di bagian kulit kepala si kecil. Kerak ini disebabkan oleh kulit kepala yang terpolusi udara serta debu. Bunda bisa membersihkan kerak ini dengan menggunakan air matang setelah diberikan obat yang diberi oleh dokter. Namun bunda jangan terlalu keras dalam mengusap kulit kepala ini, dikarenakan setelah kepala di beri obat, sebenarnya nanti kerak kepala akan lepas dengan sendirinya.

Atau bunda juga bisa menggunakan baby oil, berikan baby oil pada kepala si kecil dan diamkan sekitar 10-15 menit, setelah itu pijatlah kepala si kecil dengan lembut, setelah itu lanjutkan dengan proses pencucian. Namun ingat, ketika bunda melakukan pemijatan, jangan pernah bunda melakukan pijatan atau pembersihan kerak dengan cara yang keras. Karena jika kulit kepala bayi sampai berdarah dan terjadi infeksi, maka hal ini akan sangat berbahaya. Karena ada satu peredaran darah kepala yang langsung menyambung dengan otak.

HIDUNG

Untuk bagian dalam hidung, memiliki daya pembersih sendiri dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Jika ada cairan atau bahkan kotoran yang keluar dari hidung si kecil, maka bunda hanya di sarankan untuk membersihkan bagian luar hidung si kecil. Untuk membersihkannya, bunda jangan pernah menggunakan cotton buds, tisu yang di gulung dengan kecil, atau bahkan menggunakan jari untuk mengeluarkan kotoran. Karena dengan cara ini bunda hanya akan mendorong kotoran itu lebih jauhke dalam. Nah, jika terdapat kotoran di dalam hidung atau banyaknya lender di dalam hidung si kecil, maka bunda bisa menyedotnya keluar dengan cara menghisapnya dengan lembut. Cara ini merupakan cara yang baik untuk kesehatan si kecil.

TELINGA

Sama halnya dengan hidung, bagian dalam telingan si kecil juga tidak dianjurkan untuk di bersihkan. Dan bunda hanya di anjurkan untuk membersihkan telinga si kecil jika kotoran yang ada di dalam telingan dudah mencapai pintu keluar. Bunda bisa menggunakan catton buds untuk membersihkan area luar telinga si kecil, bunda bisa memberikan air hangat pada catton buds yang akan di gunakan untuk membersihkan telingan si kecil, agar kotoran yang ada disekitar telinga bisa lebih mudah di bersihkan.

KUKU

Ketika bayi baru lahir, sebenarnya kukunya boleh di gunting, namun ada juga yang percaya kuku bayi boleh di gunting setelah 40 hari. Namun bunda harus melakukannya secara hati-hati, jangan sampai kulit si kecil ikut tergunting. Dan setelah di gunting, maka kuku si kecil juga harus di kikir, karena jika tidak kuku yang sudah di gunting akan tetap tajam dan hal ini bisa berbahaya jika sampai mengenai kornea mata si kecil.

BOKONG

Bokong merupakan are yang mudah terkena masalah, karena bokong sering berkontaklangsung dengan popok yang basa serta mudah terkena berbagai macam iritasi dari bahan kimia serta mikroorganisme yang menyebabkan infeksi air kemih atau tinja, ataupun gesekan yang terjadi dengan bokong si kecil atau bahkan baju. Biasanya pada bagian bokong akan muncul gatal-gatal serta merah di sekitar bokong. Maka dari itu, bunda harus lebih memperhatikan untuk membersihkan bokong si kecil, jika si kecil buang air kecil, maka segeralah bunda untuk mengganti popoknya, dan sebelum di ganti, bunda bisa membersihkan terlebih dahulu bokong si kecil dengan menggunakan air hangat.

Itulah beberapa hal yang harus bunda perhatikan terkait cara merawat bayi baru lahir. Semoga tips ini bisa membantu bunda semua dalam merawat bayi baru lahir. Semoga berhasil!

Related Posts

Share This