Cara Tepat Merawat Bayi Prematur

Perawatan bayi premature merupakan salah satu perawatan yang memang di khususkan bagi bayi yang memang lahir sebelum waktunya. Dan pastinya, setiap orangtua menginginkan bayi mereka lahir dengan normal serta sehat tanpa adanya kekurangan satupun. Namun terkadang, harapan tidak sesuai dengan kenyataan, karena masih ada saja orangtua yang memang memiliki bayi premature, atau bayi yang lahir belum pada waktunya.

Namun satu hal yang harus bunda ingat, bahwa bayi premature bukanlah seoarng bayi yang abnormal, melainkan bayi premature adalah bayi normal yang lahir sebelum waktunya. Hal ini memang sedikit lumrah di alami oleh ibu hamil, namun tidak selalu harus seperti itu. Dan bayi yang lahir prematur akan terjadi karena beberapa hal, dan sifatnya tidaklah begitu membahayakan.

Dikarenakan bayi prematur berbeda dengan bayi umumnya yang lahir secara normal, pastinya dalam perawatan bayi prematur juga agak sedikit berbeda. Dan sepertinya, bagi orangtua yang memili bayi yang lahir prematur harus mengetahui lebih dalam lagi mengenai perawatan bayi prematur, salah satunya yaitu menyediakan oksigen jika sewaktu-waktu di butuhkan oleh si kecil.

Bukan hanya itu, selain memperhatikan cara merawat bayi prematur, bayi prematur juga membutuhkan asupan gizi yang cukup, dan Anda harus berusaha untuk memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Jagalah tetap pola tidur si kecil, karena umumnya bayi yang lahir prematur akan lebih sering tertidur, namun dengan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan normal atau bayi yang lahir cukup bulan.

Selain itu, bayi juga harus menerima asupan vitamin D, E dan vitamin K. Mengapa? Karena biasanya si kecil akan mendapatkan masalah dengan berat badan mereka. Anda juga sebagao orangtua harus selalu menjaga kebersihan tubuh, pakaian, makanan serta lingkungan di sekitar si ekcil.

Selain itu, Anda juga harus mengusahakan agar bayi yang lahir prematur bisa selalu ada dalam kondisi atau keadaan yang hangat serta terjaga suhunya. Si kecil dianjurkan untuk selalu menggunakan pakaian yang hangat, sehingga kondisi tubuhnya tidak akan merasa dingin. Anda bisa meletakkan si kecil di atas dada ibu, agar keadaan si kecil bisa tetap hangat. Anda juga bisa menggendong si kecil dengan menggunakan kain yang lebar serta panjang, agar si kecil bisa tetap merasa nyaman.

Selain mengetahui cara merawat bayi prematur, Anda juga di anjurkan untuk tetap berkonsultasi kepada dokter terkait perkembangan si kecil. Dan pengetahuan ini pastinya akan sangat berguna bagi Anda sebagai orangtua, karena seorang bayi yang terlahir prematur memang berbeda dengan bayi yang lahir normal atau bayi yang lahir cukup bulan. Bukan hanya itu, orangtua juga harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam menjaga juga merawat bayi prematur.

Related Posts

Share This