Cara Tepat Menyapih Anak Agar Terlepas Dari Botol Susu

Menghentikan atau bahkan mengganti suatu kebiasaan memang bukan satu perkara yang mudah. Si kecil membutuhkan adaptasi dengan kebiasaan barunya, apalagi untuk melepaskan botol susu. Dan inilah satu hal yang bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, si kecil bisa saja menolak, menangis bahkan marah ketika mereka tidak bisa lagi minum susu dari botol susu bayi.

Nah, jika Anda ingin menyapih si kecil agar bisa terlepas dari botol bayi, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa cara secara bertahap guna membuatnya mampu menyesuaikan diri untuk minum susu dari gelas.

Berikut ini beberapa cara untuk membantu si kecil guna menyesuaikan diri untuk minum susu dari gelas dan melepaskan botol susu miliknya, yaitu sebagai berikut:

  1. Adik bayi

Anda bisa mengajak si kecil untuk mengunjungi kerabat atau bahkan tetangga yang masih memiliki bayi yang masih minum susu dengan menggunakan dot atau botol susu. Anda bisa memperlihatkan kepada si kecil ketika bayi tetangga Anda sedang minum susu menggunakan dot, hal ini bertujuan untuk menimbulkan pemikiran terhadap si kecil bahwa bayi negdot karena mereka belum bisa duduk dan minum sendiri dengan menggunakan gelas.

Buatlah mereka berfikir, “Aku masih ngedot, berarti aku sama seperti adik bayi. Padahal aku kan sudah besar.”

  1. Pujian

Si kecil sangat membutuhkan dorongan juga motivasi ketika mereka akan meninggalkan botol susunya, yakinkan kepada mereka bahwa mereka akan baik-baik saja walau tanpa dot. Bahkan jangan pernah segan untuk memberikan pujian ketika si kecil menunjukkan keinginannya untuk minum susu dengan menggunakan gelas.

  1. Iming-iming hadiah

Cara yang ampuh untuk menyapih anak dari botol susu atau dot yaitu dengan mengiming-imingi hadiah. Anda bisa menjanjikan untuk memberikan hadiah kepada mereka, jika mereka bersedia minum susu dengan menggunakan gelas. Tepai janji Anda ketika si kecil bersedia melakukannya. Tapi ingat, cara ini jangan Anda jadikan trik sebagai solusi tiap kali Anda menginginkan si kecil melakukan sesuatu.

  1. Bertahap
Baca Juga:  Kesehatan Gigi Anak: Tips Pintar Ajarkan Gosok Gigi Sejak Dini

Pada dasarnya, mengalihkan si kecil untuk minum susu dari dot ke gelas merupakan suatu hal untuk mengarahkan naka untuk melakukan kebiasaan yang baru. Dan itu pastinya merupakan suatu hal yang berat untuk di lakukan.

Biasanya si kecil akan sangat terpukul ketika mendadak mereka harus berpisah dengan botol susu mereka. Oleh karena itu, ketika Anda akan melepaskan botol susu dari si kecil, maka lakukan dengan cara yang bertahap. Misalkan, ketika si kecil terbiasa untuk minum susu dari dot di siang hari juga malam hari, maka mulailah Anda untuk memberikan si kecil susu dari botol susu hanya di malam hari saja atau bahkan hanya di siang hari saja.

  1. Variasi gelas dan sedotan

Anda bisa membuat si kecil untuk tertarik meminum susu dengan menggunakan gelas yang cantik yang mamu menarik perhatiannya, dan gantilah setiap kali si kecil merasa bosan. Sama halnya dengan warna sedotan atau bahkan bentuk dari sedotan yang di gunakan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517