Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Si Kecil yang Baru Tumbuh

Penting untuk bunda menjaga kesehatan gigi si kecil, terutama ketika gigi baru tumbuh. Biasanya gigi bayi akan muncul atau tumbuh ketika si kecil berusia 5-7 bulan. Dan bunda harus benar-benar merawat gigi si kecil yang baru tumbuh ini agar gigi si kecil tidak mudah rusak. Karena walaupun hanya sekedar gigi susu yang keberadaannya hanya sementara, akan tetapi kesehatan gigi susu yang dimiliki si kecil ini akan berpengaruh terhadap kesehatan gigi si kecil di kemudian hari. Oleh karena itu, tidak aka nada salahnya jika bunda melakukan perawatan gigi si kecil yang dimulai sejak dini, justru dengan semakin dini bunda melakukan perawatan gigi si kecil, maka kesehatan gigi juga gusi si kecil akan lebih terjamin.

kesehatan gigi

Berikut ini ada beberapa cara juga tips dalam merawat gigi si kecil yang baru tumbuh, yaitu sebagai berikut:

Cara merawat mulut bayi pada saat usia 0 – 6 bulan:

  1. Walaupun gigi si kecil masih belum tumbuh, namun bunda harus tetap membersihkan gusi si kecil, pipi bagian dalam, juga lidah si kecil dengan cara menggunakan kassa yang steril yang telah bunda lembabkan dengan air matang, lakukan cara ini minimal dua kali dalam satu hari.
  2. Bunda jangan membiarkan si kecil untuk tertidur sambil mengkonsumsi susu dengan menggunakan botol susu
  3. Ketika bunda memberikan susu pada si kecil, jangan pernah bunda memberikan tambahan manis pada susu yang akan di berikan kepada si kecil seperti madu atau bahkan saccorit.
  4. Bunda harus membersihkan atau menseterilkan empeng yang di peruntukkan bagi si kecil secara berkala.
  5. Gunakan selalu dot yang memang ada dalam keadaan bersih ketika hendak menggunakan ASI atau bahkan susu formula dengan menggunakan botol susu.

Cara merawat mulut dan gigi bayi pada usia 7-12 bulan:

  1. Bunda bisa menanyakan kepada dokter atau bahkan dokter gigi apakah si kecil mendapatkan cukup banyak fluora atau tidak.
  2. Bunda harus membersihkan mulut si kecil dengan menggunakan kasa yang sudah sterril yang memang telah bunda lembabkan dengan air matang, lakukan hal ini pada si kecil minimal 2 kali dalam stau hari.
  3. Bunda juga jangan membiarkan si kecil tidur sambil minum susu.
  4. Bunda juga harus membiasakan untuk memberikan air putih kepada si kecil setelah si kecil minum susu, agar sisa susu yang ada di dalam mulut bisa terbilas.
  5. Ketika gigi si kecil mulai tumbuh, bunda bisa mencoba untuk membersihkan gigi si kecil dengan menggunakan kain yang lembab. Bunda harus membersihkan setiap permukaan gigi juga batasan antara gigi dengan gusi secara seksama, mengapa? Karena makanan makanan yang di konsumsi si kecil kerap kali tertinggal di permukaan tersebut.
  6. Ketika gigi geraham si kecil mulai tumbuh, bunda bisa menggunakan sikat gigi yang khusus untuk bayi dengan permukaan yang lembut yang terbuat dari bahan nilon.
  7. Ketika bunda membersihkan gigi si kecil yang baru tumbuh, jangan pernah bunda menggunakan pasta gigi, bunda cukup membasahi sikat gigi dengan air bersih.
  8. Ketika usia si kecil 6 bulan, dan gigi pertama si kecil mulai tumbuh, maka bunda bisa memeriksakan gigi si kecil ke dokter gigi, atau ketika usia si kecil mencapai 1 tahun.

Bunda harus tetap menjaga kesehatan gigi si kecil agar si kecil terhindar dari permasalahan kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Gigi sehat akan menampilkan senyuman yang cemerlang dari si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517