Cara Tepat Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami

Untuk sebagian besar orang, cara mengobati diare pada bayi secara alami memang sangat bermanfaat untuk kesehatan si kecil. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa diare merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, dimana keluarnya urine dari dalam tubuh dalam bentuk cairan dan tidak padat serta berlangsung dalam rentan waktuyang sangat singkat.

Guna mengantisipasi gejala ini, maka orangtua harus memperhatikan asupan makan si kecil, dan pastinya bunda harus memastikan agar si kecil bisa mendapatkan cairan yang cukup guna menjaga daya tahan tubuh si kecil agar si kecil tidak merasa lemas. Namun pada dasarnya, diare yang dialami si kecil ini disebabkan oleh faktor lingkungan kotor, serta banyaknya benda yang masuk kedalam tubuh yang memang memiliki banyak bakteri ataupun makanan yang tidak higenis. Namun satu hal yang harsu bunda ingat, ketika diare pada bayi terjadi, bunda jangan sembarangan memberikan obat mencret anak.

obat mencret anak

Dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan ketika bayi mencret, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuatkan larutan gula dan garam

Bunda bisa melarutkan gula bersama garam dalam air hangat, campuran ini bisa digunakan untuk menyeimbangkan jumlah cairan yang ada di dalam tubuh si kecil. Dengan bunda memberikan larutan ini pada si kecil yang mengalami diare, maka bisa menggantikan cairan yang memang sudah di keluarkan dari dalam tubuh si kecil dengan cara yang cepat. Untuk membuat obat oralit ini, bunda hanya cukup menyediakan sedikit air hangat dan campurkan gula beserta garam secukupnya, sebaiknya bunda seikit lebih banyak menambahkan gula daripada garam pada oralit sederhana tersebut, agar si kecil mau untuk meminumnya.

  1. Memberikan daun jambu biji muda

Daun jambu biji yang masih muda juga merupakan salah satu bahan yang alami yang kerap di gunakan untuk meredakan sakit perut atau mencret yang diamali oleh si kecil. Daun jambu biji muda ini cukup diberikan kepada si kecil, dan di makan begitu saja. Namun jika si kecil enggan memakannya, maka bunda bisa memberikannya jambu biji yang masih muda yang ukurannya masih sebesar kelereng.

  1. Membuatkan Jamu kunyit

Bukan hanya daun jambu biji yang muda, bahan alami lainnya yang bisa di gunakan untuk mengatasi diare pada anak yaitu dengan cara menggunakan sari kunyit yang di campurkan dengan air gula, hal ini bunda lakukan agar si kecil mau meminum ramuan sederhana ini.

Beberapa bahan alami di atas memang kerap di gunakan untuk mengobati diare pada anak. Dan untuk mengantisipasi terjadinya diare pada si kecil, sebaiknya orangtua memperhatikan asupan makanan si kecil. Semoga cara yang kami berikan ini guna mengatasi diare pada anak bisa sangat membantu bunda sekalian.

Related Posts

Share This