Cara Tepat Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Varises merupakan satu mada di mana terjadinya pembuluh darah yang membengkak serta membesar yang disertai dengan munculnya warna biru. Varises ini terjadi dekarenakan adanya pembuluh darah yang balik atau vena yang memang bisa mengakibatkan penurunan terhadap dinding vena. Varises ini biasanya akan terjadi di bagian kaki ibu hamil terutama di bagian lutut, bahkan bisa saja terjadi di area kewanitaan ibu hamil. Varises yang terjadi ketika masa kehamilan dikarenakan adanya hormon progesterone kehamilan, dan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan akan memberikan tekanan terhadap pembuluh darah di bagian panggul juga pada bagian pembuluh darah besar.

cara menghilangkan varises

Penting untuk bumil ketahui, bawa vena memiliki bagian katup yang mampu menghentikan aliran darah yang kembali ke jantung dari proses mengalir mundur. Dan ketika katup tersebut tidak bekerja dengan baik, maka pembuluh darah akan menjadi sesak, dan hal ini mengakibatkan jumlah darah akan semakin bertambah. Bahkan dinding pembuluh darah akan semakin meregang bahkan membengkak vena, dan hal ini akan terlihat di bagian bawah kulit ibu hamil, dan itulah salah satu penyebab varises yang wajib di ketahui bumil.

Walaupun varises ini tidak akan mengganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, akan tetapi kondisi yang semakin hari semakin memburuk dari varises mungkin saja terjadi pada ibu hamil, mengapa? Karena hal ini akan menyebabkan kelebihan berat badan ketika menjalankan masa kehamilan, keadaan berat badan janin yang ada di dalam kandungan, atau bahkan kehamilan bayi kembar. Varises yang terjadi di area kewanitaan bisa menghambat proses persalinan, bahkan pada kondisi yang parah, hal ini justru akan mengakibatkan proses persalinan Caesar. Nah, agar semuanya bisa teratasi, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan varises, yaitu sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan sehat

Ketika masa kehamilan, ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tertentu, hal ini di lakukan guna meringankan rasa tidak nyaman varises yang bumil rasakan, bahkan bisa mencegah terjadinya varises yang semakin memburuk. Ibu hamil nisa mengkonsumsi jus buah-buhan, terutama buah blackberry, blueberry, dan jus buah-buhan ini mampu membantu mencegah terjadinya varises pada ibu hamil.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Ketika ibu hamil banyak mengkonsumsi the, kopi atau bahkan kola, bisa membuat varises yang terjadi pada ibu hamil menjadi lebh menyakitkan, bahkan bisa menyebabkan sembelit. Ketika hal tersebut terjadi, maka ibu hamil di anjurkan untuk minum air mineral setidaknya delapan gelas setiap harinya.

  1. Latihan selama kehamilan akan mengurangi varises

Ibu hamil bisa melakukan olahraga yang teratur yang memang aman di lakukan oleh ibu hamil, karena dengan olahraga bisa membantu mengurangi lemak yang menumpuk, hal ini juga sekaligus bisa menjaga sirkulasi yang baik serta pembuluh darah Anda.

  1. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi pada masa kehamilan

Ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan, alangkah lebih baik lagi jika Anda dapat menghindari penggunaan sandal atau sepatu yang memiliki hak tinggi, dikarenakan hal ini mampu menghambat pembuluh darah yang ada di area kaki bumil. Namun bagi bumil yang ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pada beberapa kegiatan tertentu, maka sebaiknya Anda menggunakan sepatu hak tinggi yang tidak lebih dari 5 cm. Bumil juga harus menghindari duduk atau bahkan jongkok dalam waktu yang cukup lama, dan cobalah untuk Anda tidak duduk dengan kaki di silangkan.

  1. Hindari memijat di atas varises anda

Ketika terjadinya varises ketika masa kehamilan, sebaiknya Anda tidak langsung memijat di atas varises Anda, karena ketika hal tersebut terjadi, maka akan sangat menyakitkan Anda bahkan bisa membuat pembuluh darah Anda semakin memburuk. Ketika terjadinya varises, maka Anda bisa menggunakan air yang dingin guna meregangkan sejumlah otot tanpa harus melakukan pemijatan di area varises, atau bahkan Anda juga bisa mengompres dengan menggunakan kain yang telah di rendam dalam air cuka sari apel.

Nah, itulah beberapa cara dalam mengatasi terjadinya varises pada ibu hamil. Namun, bagi Anda yang memang mengalami varises yang semakin parah, maka sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut kepada dokter guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517