Cara Tepat Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok yang terjadi pada si kecil merupakan seuatu peradangan yang terjadi di daerah yang tertutup oleh popok, misalkan seperti daerah alat kemaluan atau alat kelamin, pantat, bahkan pangkal paha si kecil di bagian dalam. Ruam popok ini kerap di alami oleh bayi yang baru lahir. Biasanyan ruam popok yang terjadi pada si kecil memiliki ciri berwarna merah yang disertai dengan lecet-lecet juga gatal. Ruam popok akan terjadi ketika adanya suatu gesekan yang terjadi antara popok juga kulit si kecil. Hal ini dikarenakan kulit si kecil masih sangat peka juga sensitif. Jika si kecil menggunakan popok, maka secara otomatis kulitnya akan tertutup, dan akibatnya kulit si kecil akan menjadi lembab. Kelembaban yang memang berlebihan inilah yang memang memicu terjadinya ruam popok.

mengatasi ruam popok pada bayi

Bukan hanya itu, penyebab terjadinya ruam popok pada bayi yaitu kulit si kecil yang terlalu lama terkena urin atau bahkan kotoran bayi yang diakobatkan oleh popok atau diaper yang terlalu lama digunakan dalam keadaan yang kotor. Dan biasanya, hal ini akan terjadi dikarenakan si kecil memiliki riwayat alergi.

Guna mencegah juga mengatasi ruam popok pada bayi, maka bunda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Ganti popok si kecil sesering mungkin, baik ketika si kecil menggunakan popok kain ataupun diaper, ketika popok ada dalam keadaan basah, maka segeralah ganti popok si kecil.
  2. Daerah yang tertutup popok harus bunda bersihkan dengan sangat lembut menggunakan air hangat. Selain itu, bunda juga harus mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang sangat lembut, angina-anginkan sebentar, setelah itu berikanlah bedak lembut bagi si kecil yang sesuai dengan kulit si kecil. Namun jika ruam popok sudah terjadi pada si kecil, maka bunda bisa mengoleskan krim bayi di daerah yang memang terkena ruam popok.
  3. Bunda harus memilih popok yang memiliki bahan yang lembut bagi si kecil, serta memiliki daya serap yang tinggi.
  4. Bunda harus segera menyeka dan mengeringkan pantat si kecil ketika bunda tengah mengganti popoknya. Bunda bisa menggunkaan air hangat serta kapas guna membersihkan area pantat si kecil.
  5. Ketika mengganti popok, bunda bisa mengoleskan nappy cream.
  6. Bunda harus membiarkan si kecil untuk tidak menggunakan popok, walaupun hanya sekali-sekali.
  7. Ketika si kecil mengalami ruam popok, mungkin dia alergi terhadap popok yang di gunakannya, maka bunda bisa mencoba untuk mengganti merk popok yang di gunakan si kecil.

Diaper modern memang bisa menyerap lebih banyak cairan daripada popok biasa. Bahkan si kecil bisa berkali-kali buang air kecil di diapernya, bahkan diaper akan tetap kering, namun di samping itu, kulit si kecil juga membutuhkan bernapas dengan cara diangin-anginkan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517