Cara Tepat Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa cara kepada bunda dalam mengatasi perut kembung pada bayi. Perut kembung yang kerap kali di alami oleh si kecil terutama bayi merupakan satu kondisi dimana keadaan perut si kecil akan terlihat membesar. Dan hal kerap kali membuat si kecil merasa tidak nyaman. Perut kembung yang di alami oleh si kecil biasanya disertai dengan gejala kentut yang berlangsung secara berlebihan, bersendawa, bahkan perut akan terasa bergejolak.

Keadaan perut kembung ini biasanya sangat erat kaitannya dengan menu makanan atau bahkan minuman yang di konsumsi, atau bahkan caranya si kecil dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Dan biasanya, gejala kembung yang di alami si kecil kerap terjadi ketika adanya proses pengalahian dari pemberian ASI ke menu makanan pendamping ASI atau MPASI. Dan ketika si kecil mengalami permasalahan ini, maka sebaiknya bunda segera mencari cara mengatasi perut kembung pada bayi, agar nafsu makan si kecil bisa kembali dan ia bisa mendapatkan kembali rasa nyamannya.

Di bawah ini ada beberapa cara dalam mengatasi kembung pada bayi yang bisa bunda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengajak Bermain

Bunda bisa mengajak si kecil bermain. Karena dengan mengajaknya beramin selain bisa melatih kecerdasan serta kesiapan anak, bermain juga bisa mengatasi permasalahan perut kembung pada anak. Karena dengan terus menerus mengajak si kecil bermain serta menjaganya agar selalu aktif, ternyata mampu mengeluarkan gas dengan sendirinya, dan hal ini merupakan tahapan yang baik agar kembung pada si kecil bisa secepatnya di atasi.

  1. Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut

Ketika si kecil mengalami kembung di bagian perut, maka bunda bisa menanganinya dengan cara menepuk bagian punggung si kecil dengan cara yang sangat lembut. Bunda bisa melakukan cara ini selama satu menit sampai si kecil bisa mengeluarkan gas yang ada di dalam perutnya.

  1. Air Hangat
Baca Juga:  Penyakit Radang Selaput Otak Pada Bayi Yang Baru Lahir (Meningitis Neonatal)

Bunda bisa mengandalkan air hangat untuk memandikan si kecil juga untuk minumnya. Dan ternyata air hangat mampu mengatasi keadaan perut yang kembung.

  1. Menggosok Perut Secara Perlahan

Agar bunda bisa mengtatasi keadaan perut yang kembung pada si kecil, maka bunda bisa menggunakan cara menggosok bagian perut si kecil secara perlahan dan lembut. Dan cara yang bisa bunda lakukan yaitu, bunda bisa membaringkan tubuh si kecil, dan gosoklah bagian perutnya secara perlahan. Bunda juga bisa menggunakan minyak kayu putih atau bahkan minyak telon agar tubuh si kecil bisa terasa hangat, sehingga gas yang ada di dalam perutnya bisa keluar dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan ketika bunda akan mengatasi keadaan perut kembung yang kerap di alami oleh si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517