Cara Tepat Mengatasi Bayi Susah BAB

Bayi susah BAB itu merupakan satu hal yang kerap di alami oleh bayi ataupun anak-anak. Susah buang air besar ini atau di sebut juga dengan sembelit yaitu suatu keluhan dimana adanya akibat gangguan terhadap saluranpencernaan yang memang bisa mengakibatkan tinja mengeras dari biasanya. Akibatnya, hal ini kerap kali membuat si kecil merasa tidak nyaman serta menangis sejadi-jadinya. Dan rasa sakit yang di rasakan oleh si kecil ketika buang air besar ini pastinya akan membuat bunda menjadi khawatir dan panic.

Rasa sakit bukan hanya akan membuat perasaan tidak nyaman pada si kecil, namun hal ini juga bisa memicu timbulnya gangguan terhadap kesehatan si kecil jika terus-menerus di biarkan. Dalam keadaan normal, biasanya si kecil melakukan BAB satu kali setiap harinya, namun jika terjadi gangguan pencernaan pada si kecil atau bayi susah buang air besar, maka ia tidak akan melakukan BAB selama beberapa hari.

bayi susah buang air besar

Dan berikut ini ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan ketikan persoalan susah buang air besar pada bayi terjadi, yaitu:

  1. Jika si kecil diberikan susu formula, maka bunda bisa memperhatikan aturan takaran pengenceran sehingga bunda bisa mendapatkan konsistensi yang pas serta tidak terlalu kental untuk di berikan kepada si kecil.
  2. Bunda bisa mengoleskan minyak bayi pada sekitar perut atau anus bayi. Hal ini bisa membantu si kecil agar tidak terjadi lecet pada sekitar anus ataupun luka sehingga tidak akan terjadi peradangan yang lebih parah lagi.
  3. Bunda bisa memberikan sedikit pijatan dengan gerakan melingkar searah jarum jam dengan cara yang lembut di sekitar perut bayi dari arah pusar kea rah luar. Bahkan bunda bisa menggunakan minyak pijat bayi untuk melakukan pijatan ini.
  4. Bunda bisa memberi si kecil asupan sayur dan buah kepada si kecil, pemberian buah dan sayur bisa bunda berikan dalam bentuk jus agar si kecil lebih tertarik untuk mengkonsumsinya. Dan buah yang bisa membantu si kecil melancarkan BAB nya yaitu buah papaya yang matang.
  5. Bunda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Dengan begitu akan membuat si kecil merasa rileks serta lebih mudah untuk melakukan buang air besar.
  6. Beri si kecil air mineral dengan jumlah yang cukup, dan pastikan kalau jumlah asupan cairan pada si kecil terpenuhi.
  7. Bunda harus menghindari untuk memasukan sesuatu ke anus bayi ketika ia tengah sembelit, karena hal tersebut bisa menyebabkan luka dan berbaha.

Nah, jika si kecil sudah berhasil mengeluarkan kotoran di dalam tubuhnya, guna menghindari hal yang tidak di inginkan, maka sebaiknya bunda lekas menghubungi dokter anak. Dan itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna mengatasi susah buang air besar pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517