Cara Tepat Menentukan Jadwal Pemberian MPASI Pada Bayi

Halo bunda! Bunda, agar kebutuhan gizi si kecil bisa terpenuhi dengan baik, maka sebaiknya Anda sebagai orangtua penting untuk memperhatikan jadwal pemberian MPASI kepada si kecil, frekuensi, porsi serta jenis atau pemilihan bahan makanan untuk si kecil.

Pastinya dalam pemberian MPASI akan dilakukan secara bertahap, dan disesuaikan dengan tingkat usia si kecil. Bahkan jadwal pemberian MPASI bayi 6 bulan juga harus diperhatikan dengan baik. Dimulai dari memperhatikan tekstur makanan yang lunak, lembek, sampai tekstur makanan yang padat.

Bahkan Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK, ahli gizi klinik dari Departemen Gizi FKUI-RSCM mengingatkan, sebelum anak berusia 1 tahun, pastinya Anda sebagai orangtua tidak perlu menambahkan gula ataupun garam pada makanan yang akan diberikan kepada si kecil. Karena dengan memberi gula atau garam kepada makanan si kecil hanya bisa membuatnya “craving” dengan makanan asin atau bahkan makanan manis, yang memang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan si kecil.

“Biarkan anak merasakan rasa alami dari makanan tanpa gula dan garam, merasakan rasa buah alami, susu alami atau rasa ayam tanpa garam,” uangkap Dr. Fiastuti.

jadwal pemberian mpasi

Nah, di bawah ini ada beberapa tahapan serta jadwal MPASI 6 bulan bedsarakan rentan usia, yaitu sebagai berikut:

Usia 6-7 bulan

Pemberian MPASI berguna untuk merangsang tumbuhnya gigi si kecil, melatih kemampuan motoriknya yakni ketika memegang makanannya sendiri. Nah, untuk tahapan awal, maka bayi bisa diberikan makanan yang lunak dan cair, misalkan seperti bubur susu atau biskuit. Setelah itu, si kecil juga bisa diberikan buah-buhan yang lunak, seperti pisang raja, pisnag ambon, jeruk, labu, serta buah papaya. Dalam memilih buah-buhan, sebaiknya Anda dapat memilih jenis buah yang baik serta tidak memiliki getah guna menghindari diare.

Berikut Contoh Jadwal MPASI bagi usia 6-7 bulan:

  1. Pukul 06.00-07.00 atau setelah bangun tidur ASI
  2. Pukul 09.00 : bubur susu
  3. Pukul 11.00-12.00 : buah
  4. Pukul 14.00 : bubur susu
  5. Pukul 17.00 : buah atau biskuit yang dicampur susu
  6. Pukul 18:00 : ASI

Usia 8-9 bulan

Di usia ini, sistem pencernaan si kecil mulai terbilang kuat, maka Anda bisa mengenalkan si kecil dengan makanan yang lebih padat. Selain bubur susu berbahan buah juga tepung, maka Anda juga bisa melengkapinya dengan bubur saring. Di usia ini, si kecil mulai bisa diberikan bubur dengan jumlah pemberian makanan minimal 8 sendok makan untuk satu kali makan. Anda juga bisa mengenalkan si kecil dengan makanan selingan seperti bubur kacang hijau, pudding, atau bahkan biskuit dan beberapa jenis makanan sehat lainnya.

Berikut contoh Jadwal MPASI usia 8-9 bulan:

  1. Pukul 06.00-07.00 atau setelah bangun tidur: ASI
  2. Pukul 09.00 : bubur susu (berbahan buah atau tepung)
  3. Pukul 11.00-12.00 : bubur saring
  4. Pukul 14.00 : bubur susu (berbahan buah, tepung atau biskuit)
  5. Pukul 17.00 : bubur saring
  6. Pukul 18:00 : ASI

Usia 10-12 bulan

Di usia ini si kecil mulai memiliki kemampuan untuk mencerna jenis makanan semi padat, misalkan berupa nasi tim. Anda bisa mengenalkan si kecil pada makanan keluarga secara bertahap. Untuk bentuk serta kepadatan nasi tim bisa Anda atur dengan cara yang berangsur, yaitu mendekati makanan keluarga. Misalkan nasi tim yang dibuat dari beras yang dilengkapi dengan protein hewani serta nabati, seperti: ikan, hati ayam, ceker ayam, tempe, tahu, telur, daging ayam dan sapi, serta sayur-sayuran. Anda juga bisa menambahkan bumbu alami ke dalam nasi tim yang akan diberikan kepada si kecil, misalkan ikan yang di tumis dengan menggunakan bawang putih juga mentega.

Berikut contoh Jadwal MPASI bagi usia 10-12 bulan:

  1. Pukul 06.00 atau setelah bangun tidur: ASI
  2. Pukul 08.00 : bubur susu
  3. Pukul 10.00 : buah atau biskuit
  4. Pukul 12.00 : nasi tim
  5. Pukul 13.00 : ASI
  6. Pukul 14:00 : biskuit
  7. Pukul 16.00 : ASI
  8. Pukul 18:00 : nasi tim
  9. Pukul 19:00 : ASI

Nah, itulah jadwal pemberian mpasi yang harus Anda ketahui ketika si kecil mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda semua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517