Cara Tepat Mendiagnosa Asma Pada Anak Sebelum Terlambat

Asma pada anak adalah salah satu jenis penyakit yang memang tidak bisa Anda remehkan, karena penyakit ini pastinya sangat mengganggu si kecil, apalagi ketika dalam aktivitas.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mendiagnosa penyakit asma pada anak sejak dini sebelum terlambat guna memastikan memberikan perwatan yang tepat.

Nah, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk mendiagnosa asma pada bayi atau bahkan pada anak, maka berikut ini kami berikan cara dalam mendiagnosa penyakit asma pada anak, yaitu sebagai bertikut:

  1. Pemeriksaan fisik

Ketika si kecil mengalmai batuk yang sangat parah ketika malam hari, bahkan mengalami keulitan dalam bernapas, maka Anda harus mengkonsultasikannya kepada dokter.

Bahkan, keluarnya siulan ketika si kecil bernafas juga merupakan salah satu pertanda kalau si kecil mengalami asma. Dengan melakukan pemeriksaan, maka dokter akan memahami seberapa parahnya penyakit asma yang diderita si kecil. Dan ini merupakan salah satu cara terbaik guna mendoagnosa asma pada anak-anak.

  1. Sering mengalami infeksi saluran pernapasan

Infeksi terhadap saluran pernapasan umumnya dianbggap sebagai salah satu tahapan dalam pengembangan penyakit asma. Infeksi serta radang bisa membuat jalan pernapasan menjadi tersumbat, dan itu menyebabkan si kecil sulit dalam bernapas.

Oleh karena itu, jika si kecil mengalami gejala ini yang disertai dengan sulitnya bernapas, maka kemungkinan besar si kecil mengalami penyakit asma.

  1. Tes spirometri

Dengan melakukan tes ini, maka paru-paru si kecil akan diperiksa secara menyeluruh guna menentukan kapasitas paru-paru yang dimiliki oleh si kecil. Langkah ini merupakan salah satu metode untuk menganalisis pernapasan, yang memang bisa dilakukan untuk anak-anak yang memang telah berada di atas usia 5 tahun. Melalui serangkaian tes ini, maka dokter bisa mendiagnosa penyakit asma yang diderita si kecil dengan tepat.

  1. Dihembuskan oksida nitrat

Dengan dihembuskannya uji oksida netral, maka Anda bisa mengetahui apakah si kecil memiliki peradangan terhadap saluran pernapasannya. Cara dalam melakukan tes ini yaitu dengan cara menyimpan alat di bagian mulut si kecil, ketika itu si kecil harus bernapas kedalamnya. Nafas yang dihembuskan serta yang dikumpulkan nantinya akan di uji untuk tingkat oksida nitrat. Dan hal ini merupakan salah satu cara guna mendiagnosa penyakit asma yang diderita si kecil.

  1. X-ray dada

Salah satu cara yang banyak dilakukan dengan metode sederhana untuk mengetahui penyakit asma yaitu dengan cara pengambilan x-ray bagian dada. Hal tersebut bisa diterapkan untuk anak-anak bahkan orang dewasa. Untuk anak-anak yang berumur di atas 5 tahun, cara ini merupakan salah satu cara atau metode diagnostic yang mudah serta bisa diandalkan guna mendeteksi terjadinya asma pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517