Cara Tepat Mencegah Meningitis Pada Anak

Meningitis merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada meninges, yakni membran atau di sebut dengan selapit yang melindungi saraf pusat yang mana melapisi otak serta sumsum tulang belakang. Penyebab terjadinya penyakit meningitis ini yakni virus juga bakteri yang menyerang membran. Pada umumnya, penyakit meningitis yang di sebabkan oleh virus merupakan penyakit meningitis yang tergolong ringan, dan akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 7-10 hari. Namun, jika penyakit meningitis ini terjadi karena bakteri, maka hal ini dapat menunjukkan gejala meningitis yang jauh lebih serius, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi orang yang menderitanya.

Meningitis Pada Anak

Bukan hanya itu, menginitis yang terjadi akibat bakteri ini memang cukup banyak di temukan. Bahkan penyakit ini dinyatakan telah menyerang anak usia 0-5 tahun dengan kasus sebanyak 30-50 kasus per 100 ribu anak, dengan angka kematian yang relatif cukup tinggi. Dan walaupun penyakit meningitis ini bisa dinyatakan sembuh, namun pada umumnya penyakit ini akan meninggalkan gejala-gejala meningitis sisa, seperti cacat permanen yang terjadi pada anak, gangguan pendengaran juga saraf, epilepis, adanya keterbelakngan mental, atau bahkan kelumpuhan. Sangat mengerikan, bukan?

Untuk saat ini, banyak diantaranya orang tua yang memang tidak memahami betul apa itu meningitis, sehingga mereka tidak bisa memahami gejala serta penyebab dari penyakit mematikan ini. Penting untuk di ketahui, bahwa penyakit meningitis ini di sebabkan oleh tiga penyebab, diantaranya yaitu Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae tipe b, dan Neisseria meningitidis. Dari ketiga jenis bakteri tersebut yang menyebabkan penyakit meningitis, yang paling sering menyerang bayi atau bahkan anak-anak yaitu bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumokokus), yaitu merupakan penyakit meningitis yang paling parah, bahkan masa untuk inkubasinya tergolong sangatlah cepat, yaitu sekitar 24 jam.

Guna mencegah terjadinya meningitis pada anak, serta agar penyebaran virus meningitis bisa di cegah, setidaknya ada beberapa cara guna mencegah terjadinya meningitis pada anak yang bisa di tempuh oleh orang tua, yaitu:

  1. Vaksinasi

Pada umumnya, meningitis ini akan di derita oleh anak-anak yang memang terinveksi sejumlah virus yang kerap menyerang anak, misalkan seperti cacar air, polio, campak, gondok, rubella, serta rabies. Oleh karena itu, anak sangat penting untuk mendapatkan vaksin, karena hal ini bisa menghindari adanya virus yang menyerang si kecil, bahkan bisa menghindari terjadinya meningitis.

  1. Hindari gigitan nyamuk

Dikarenakan sejumlah virus bisa di bawa oleh nyamuk, maka dari itu orang tua harus menghindari si kecil dari gigitan nyamuk. Anda bisa memulainya dengan membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada di sekitar tempat Anda tinggal, membersihkan selokan, serta menyemprot bagian rumah yang memang rawan menjadi sarang nyamuk.

  1. Cuci tangan

Salah saru cara untuk mencegah virus yaitu menjaga kebersihan diri sendiri, dan untuk menjaga kebersihan, orang tua bisa mengajarkan si kecil untuk mencuci tangan sampai bersih dengan menggunakan sabun atau bahkan air hangat guna menghindari virus dan bakteri. Terutama ketika si kecil sudah bermain.

  1. Disinfektan

Jika bersinggungan dengan anak yang menderita penyakit meningitis bisa memberikan dampak yang besar, yakni bisa tertular meningitis. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa di lakukan yaitu mencuci baju dengan bersih atau kalau perlu rendam baju tersebut di dalam air hangat dan bersihkan dengan cara disinfetkan.

Related Posts

Share This