Cara Tepat Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

Semua orangtua terutama bunda pastinya ingin memberikan hal yang terbaik untuk si buah hati. Bukan hanya itu, bahkan bunda juga mengingnkan anak yang pintar serta cerdas, bukan? Dan hal tersebut merupakan hal yang diinginkan dan diimpikan oleh semua orangtua. Namun, banyak diantaranya orangtua yang tidak mengetahui cara membuat anak cerdas, bahkan mereka kerap salah dalam memberikan didikan kepada anak mereka.

cara membuat anak cerdas

Jika bunda ingin menghasilkan anak cerdas, maka bunda harus mendidik anak agar cerdas sejak dini. Dan hal ini merupakan hal yang di anjurkan oleh para ahli. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan dalam mencetak anak cerdas ceria, yaitu sebagai berikut:

  1. Bicara dengan cerdas

Ketika bunda menginginkan anak yang cerdas, maka bunda harus sering mengajak anak bunda berbicara dengan cerdas, dan hal tersebut mampu merangsang otak si kecil. Menurut Dr.Jean Ashton, seorang pengajar juga pemerhati pendidikan anak usia dini yang berasal dari Universitas Sydey, Asutralia, mengatakan bahwa dengan mengajak si kecil betbicara bukan hanya terbatas dalam memuji si buah hati, melainkan bunda bisa mengajak bicara si kecil dengan mengeluarkan kata-kata lucu atau bahkan memanggil nama si kecil. Dan ketika itu, si kecil pati akan memberikan respon kepada orang yang mengajaknya berbicara.

Bunda harus sering mengajak buah hati berbicara dan belajarlah untuk menjadi seoarng pendengar yang baik untuk buah hati bunda. Mungkin si kecil belum mampu merespon dengan baik apa yang bunda bicarakan, akan tetapi mereka sangat pandai memberikan respon melalui ekspresi mereka. Dan respon inilah yang penting untuk bunda perhatikan, dan bunda harus menghargai respon yang di berikan si kecil sebagia bentuk awal si kecil belajar untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Ikut bermain

Masih menurut Dr. Ashton, bunda juga bisa terlibat ketika si kecil tengah bermain, dan bunda dapat mengajarkannya cara bermain yang seharusnya di lakukan. Bukan hanya itu, kegiatan yang satu ini juga mampu membantu si kecil dalam mempercepat proses belajarnya, membantu mengembangkan potensi social yang dimilikinya, membantu mengenali lebih dalam kemampuan serta bakat yang dimilikinya, minat dari si kecil, serta memehamai kebutuhan emosional si kecil.

  1. Bacakan cerita

Tidak ada kata terlalu dini untuk mencoba menceritakan sebuah buku dongeng atau buku cerita kepada buah hati. Sama halnya seperti apa yang di katakana oleh Dr.Rosmarie Truglio, ia adalah seoarng ahli pendidikan. Ia mengungkapkan, bahwa dengan membaca mampu meningkatkan kecintaan anak terhadap buku. Bukan hanya itu, dengan bunda membacakan cerita, hal ini juga mampu meningkatkan kemampuan anak dalam berkosakata serta membantu anak dalam mengembangkan keterampilan dalam berbahasa. Bunda bisa memilih buku yang sederhana yang memang memiliki gambar juga warna yang menarik, hal ini dilakukan agar anak bisa ikut melihat serta menikmati ceritanya.

  1. Bernyanyilah!

Bunda bisa memilih lagi yang memiliki syair yang berirama, juga memiliki nada ataupun bunyi yang unik yang memang bisa membuat si kecil bergerak. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat baik serta menyenangkan untuk mengajak buah hati mempelajari beragam bunyi serta menambah pembendaharaan kata terhadap si kecil. Bahkan anak juga akan terdorong untuk mengikuti.

Itulah beberapa cara membuat anak cerdas yang bisa bunda ikuti sejak dini. Semoga cara ini bisa membantu bunda dalam mencetak para jagoan yang berkualitas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517