Cara Tepat Atasi Rewel Pada Bayi Tumbuh Gigi

Bayi tumbuh gigi merupakan satu hal alami yang pastinya akan sangat dinantikan oleh semua bunda, apalagi ketika si kecil sudah melewati usia 5 bulan. Jika ada 32 gigi pada orang dewasa, maka beda lagi dengan gigi si kecil, yang memiliki 20 gigi dan biasa di sebut dengan gigi susu.

Gigi susu tersebut telah terbentuk pada si kecil ketika ia masih berada di dalam kandungan saat usia kandungannya mencapai 4 bulan.  Dan biasanya, calon gigi susu tersebut akan muncul dan terlihat pada si kecil ketika usianya 6 bulan dan akan terus-menerus tumbuh sampai usianya 20 bulan.

bayi tumbuh gigi

Menurut drg. Taty Z. Cornain, SpKGA, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, jika tumbuh gigi pada bayi, maka ada kalanya si kecil akan menjadi sangat rewel, tubuhnya menjadi hangat, bahkan nafsu makannya akan berkurang. Namun terkadang, ketika bayi tumbuh gigi, ia tidak akan merasakan gejalanya sama sekali.

Ada diantaranya beberapa bayi yang ketika tumbuh gigi bayi akan mengalami demam yang tinggi, dan hal ini biasanya akan terjadi ketika usia si kecil di atas 6 bulan, ada juga sebagian diantaranya yang memilikin nafsu makan yang tidak baik, hal ini dikarenakan gigi baru yang muncul akan terasa ngilu ketika bersentuhan langsung dengan sendok, apalagi sendok yang di gunakan terbuat dari alumunium. Bunda pasti sangat mencemaskan hal ini, bukan? Lantas bagaimana caranya agar si kecil tetap merasa nyaman dengan gigi barunya yang baru muncul? Berikut ulasan mengenai mengatasi rewel pada bayi yang baru tumbuh gigi, yaitu sebagai berikut:

  1. Si kecil biasanya akan menggigit sesuatu ketika gusinya dirasa gatal ataupun tidak nyaman. Jika hal tersebut terjadi, bunda bisa memberikannya biskuit yang di khususkan untuk bayi yang memiliki tekstur keras namun tetap hancur ketika terkena air liur.
  2. Bunda bisa menyediakan mainan yang terbuat dari karet yang memang bisa di gigit oleh si kecil. Namun sebelumnya, bunda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada dokter agar mainan yang akan diberikan kepada si kecil terbebas dari racun serta aman untuk kesehatan si kecil.
  3. Selain itu, bunda juga bisa memberikan pijatan ringan pada gusi si kecil dengan menggunakan telunjuk bunda yang telah di bersihkan. Atau bunda juga bisa menggunakan kain lembut yang telah di basahi oleh air hangat, pastikan kain yang bunda gunakan merupakan kain yang steril dari kuman.
  4. Biarkan si kecil untuk meniktai dot atau empeng yang ia miliki untuk mengurangi rasa sakit atau perasaan tidak nyaman pada gusi, terutama ketika malam hari ketika waktu si kecil tertidur.
  5. Jika si kecil mulai mogok untuk makan yang dikarenakan giginya membuat tidak nyaman, maka bunda bisa mengkonsultasikan hal tersebut kepada ahli. Walaupun si kecil tengah merasakan ketidak nyamanan terhadap gusinya, namun ia tetap harus mendapatkan nutrisi yang banyak untuk pertumbuhannya.
  6. Bunda harus menyikat gigi si kecil dengan menggunakan sikat gigi khusus. Karena merawat gigi susu harus bunda lakukan secara rutin sebelum giginya tumbuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517